Penyebab Wanita Telat Menstruasi 1 Minggu, Duh Tandanya Hamilkah?

Duh, beneran nggak sih kalo wanita telat 1 minggu berarti hamil? Simak penjelasannya.

Penyebab Wanita Telat Menstruasi 1 Minggu

Pernah nggak sih ngerasa takut karena telat menstruasi 1 minggu? Banyak yang bilang kalo tanda-tanda hamil itu salah satunya adalah telat menstruasi. Begini loh penjelasannya kenapa kalian bisa telat mengalami gejala PMS dan menstruasi 1 minggu.

1. Perubahan berat badan

Melansir Alodokter.com, perubahan berat badan ternyata bisa mempengaruhi siklus menstruasi. Ini biasa terjadi sama penderita anoreksia nervosa. Selain itu, juga dialami mereja yang berat badannya meningkat.

2. Gaya Hidup

Jangan sepelekan lifestyle alias gaya hidup. Kalian yang sering merokok, stres, dan kurang olahraga atau olahraga berlebihan ternyata juga berisiko telat menstruasi. Jadi, yuk mulai jalani gaya hidup sehat!

3. Kehamilan

Well, kehamilan sangat memungkinkan kalo kalian telat menstruasi 1 minggu disusul dengan hasil test pack yang positif hamil.

Kalo kalian aktif secara seksual, maka kalian wajib tes kehamilan saat udah telat menstruasi 1 minggu atau lebih.

4. Menyusui

Taukah kalian kalo abis melahirkan dan dalam masa menyusui, menstruasi sering tertunda? Jadi kalo kalian dalam kondisi menyusui, nggak perlu cemas saat telat haid deh.

5. Masalah kesehatan

berat badan menurun (webmd.com)

Jangan salah, ternyata telat menstruasi 1 minggu juga bisa dipicu sama beberapa masalah kesehatan. Misalnya, kayak tiroid, sindrom ovarium polikistik, tumor hipofisis, dan sebagainya. Kalo udah berbulan-bulan kalian sering alami telat menstruasi, coba deh cek kesehatan. 

6. Efek samping obat

Obat-obat kayak pil KB, obat dengan kandungan hormon dan kemoterapi juga bisa mempengaruhi waktu menstruasi. Nah, sekarang inget-ingetlah obat apa yang kalian tengah konsumsi. Jangan langsung nebak kalo hamil.

7. Perimenopause

telat menstruasi (healthline.com)

Ternyata, usia wanita yang udah deket menopause bisa bikin telat menstruasi 1 minggu. Jadi, mereka yang berusia 40 tahun wajar mengalami telat menstruasi.

Gejala perimenopause sendiri antara lain sering berkeringat, kepanasan di malam hari, susah tidur, vagina kering, dan manstruasi nggak teratur.

Sementara itu, kalo kalian menduga kuat penyebabnya adalah hamil, kalian bisa coba cek dengan test pack dulu. Caranya, yaitu dengan membeli test pack lalu pakai dengan instruksi yang tertera pada kemasan.

Lebih baik, kalian pakai test pack saat baru bangun tidur di pagi hari. Karena saat itulah, hormon hCG mudah terdeteksi.

Begitulah penjelasan mengenai penyebab wanita telat menstruasi 1 minggu. Gimana menurut kalian gengs?

telat menstruasi (pulse.ng)