Busur Panah yang Bagus dan Berkualitas: Begini Tips Ampuhnya~

Kamu kudu paham cara memilih busur panah yang bagus dan berkualitas yang baik dan benar, begini.

Bicara soal olahraga panahan kamu berarti tak lepas dalam memilih busur panah yang bagus dan berkualitas gengs.

Faktanya dengan itu kamu bisa maksimal dalam ilmu panahan kamu dan mudah. Karena hal itu sudah sesuai dengan stkamur per-panahan.

Kita semua tahu busur, panah adalah komponen paling penting dari peralatan memanah. Tanpa panah memanah yang baik, tujuan penembak tidak akan berpengaruh terlepas dari seberapa akurat dia menembak. 

Tidak banyak pemanah pemula yang tahu apa yang membuat panah memanah yang sangat baik. Ada beberapa faktor yang menentukan kualitas panah. Di bawah ini adalah panduan untuk memilih panah memanah terbaik.

Busur panah yang bagus dan berkualitas

Kekakuan poros panah akan mempengaruhi sejauh mana ia bergoyang setelah terlepas dari haluan. Panah yang terlalu banyak dibengkokkan tidak diinginkan karena tidak akan cukup akurat. Selain itu, bahan yang terbuat dari panah kemungkinan akan mempengaruhi kinerjanya. 

Saat ini, panah biasanya dibuat dari aluminium, karbon atau kayu. Memilih panah dari bahan yang tepat yang sesuai dengan kebutuhan penembak sangat penting.

Busur Panah (bbc.co.uk)

Panah Kayu

Meskipun panah kayu adalah salah satu pilihan termurah, tapi belum tentu busur panah yang bagus dan berkualitas gengs. mereka membutuhkan perawatan rutin untuk menjaga mereka dalam kondisi pengambilan gambar yang sangat baik. 

Poros mereka harus diluruskan sering karena perawatan yang tidak tepat, melirik tembakan jika target dilewatkan, atau jika ditembak ke tanah. Panah kayu terbang lebih tenang jika dibandingkan dengan aluminium berongga dan karbon karena dibuat menggunakan bahan padat.

Panah Kayu (oasepapua.id)

Panah Karbon

Panah karbon adalah pilihan yang sangat baik karena lebih tahan lama dan lebih lurus daripada kayu. Selain itu, mereka dapat dengan mudah disesuaikan dengan penggunaan sisipan yang berbeda, nocks, sistem berat dan adaptor. Penembak tidak akan khawatir dengan harus meluruskan poros karena yang diperlukan adalah pemeriksaan berkala untuk celah. 

Jauh lebih mudah untuk menyetel panah karbon ke busur. Ini karena menyesuaikan bobot titik menggunakan sisipan dan titik yang berbeda jauh lebih mudah, serta titik yang berbeda untuk menyeimbangkan bobot titik.

Panah yang lebih berat akan memiliki dampak yang lebih kuat pada target. Namun, ia akan bergerak dengan kecepatan yang jauh lebih lambat jika dibandingkan dengan panah yang lebih ringan. Seseorang harus memastikan bahwa ia mempertimbangkan hal ini ketika memilih busur panahan. 

Kepala panah juga harus dipertimbangkan dengan hati-hati, terutama jika panah akan digunakan untuk berburu. Pemanah harus memastikan bahwa ia menggunakan kepala yang paling cocok untuk target tertentu yang sedang diburu. Kira-kira gitulah busur panah yang bagus dan berkualitas.

Nock panah adalah celah yang ditemukan di ujung yang menahannya saat ditembak. Nock panah memanah tidak boleh terlalu ketat pada string karena mungkin gagal melepaskan dengan benar ketika pemanah menembak. Sirip yang melekat pada panah dikenal sebagai fletching. 

Beberapa dari mereka terbuat dari bulu asli sementara yang lain dari bulu sintetis atau plastik. Pemanah selalu berdebat tentang jenis bulu apa yang terbaik. Dianjurkan untuk mencoba kedua jenis dan mencari tahu yang paling sesuai dengan kebutuhan seseorang.

Memilih panah memanah yang tepat dapat meningkatkan tembakan pemanah secara signifikan. Oleh karena itu disarankan bagi seorang pemanah untuk mencoba berbagai jenis panah untuk mengetahui yang terbaik untuknya. 

Orang tidak perlu takut untuk menghabiskan lebih banyak karena peralatan busur panah yang bagus dan berkualitas tinggi selalu sepadan dengan harganya. Istilahnya ada harga ada rupa.

Panah Karbon (bukalapak.com)