Observasi Pertama Fenomena Transit Venus, Terjadi 120 Tahun Sekali

Observasi pertama fenomena transit Venus yang langka.

Pengetahuan tentang antariksa udah sejak lama diteliti oleh banyak ilmuwan. Salah satunya tentang Venus.

Observasi Pertama Fenomena Transit Venus 

Observasi pertama dan fenomena transit Venis terjadi pada tahun 1631 dan 1639. Observasi pertama fenomena transit Venus dan Merkurius melintasi Matahari membutuhkan pengetahuan yang baik tentang pergerakan orbit planet-planet bagian dalam.

Observasi pertama fenomena transit Venus terjadi di awal abad XVII berkat karya Johannes Kepler (1571-1630). Publikasi Tabel Rudolphine pada tahun 1627. Karya ini dipersembahkan Kepler sebagai penghormatan kepada mantan pelindungnya. Seorang kaisar Jerman Rodolph II dari Hapsburg (1552). -1612).

Kepler memperkirakan transit Merkurius pada 7 November 1631 dan transit Venus pada 7 Desember 1631. Transit Merkurius pada tanggal 7 November 1631 diamati di Paris oleh astronom Pierre Gassendi (1592-1655). Dia juga menemukan bahwa transit Venus terjadi setiap 120 tahun sekali. Observasi pertama fenomena transit Venus jadi sangat penting.

Lama banget ya gengs!

Transit dan observasi pertama fenomena transit Venus ini juga diamati oleh tiga orang lainnya. Remus Quietanus di Rouffach (Upper-Rhine, Alsace), Pastor Cysatus di Innsbruck (Tyrol) dan seorang Jesuit anonim di Ingolstadt (Bavaria). Transit Venus tidak diamati karena ketidakakuratan dalam tabel Rudolphine. Transit akan terjadi pada 6-7 Desember 1631 ketika malam hari di Eropa. Akhir transit akan terlihat dari Eropa Tengah.

Fenomena langka transit venus (cesar.esa.int)

Jeremiah Horrocks (1619-1641), seorang pemuda dari Inggris, memperkirakan transit Venus yang akan datang untuk hari Minggu, 4 Desember 1639 jam 3 sore (24 November 1639 kalender Julian). Prediksi ini tidak sesuai dengan periode 120 tahun yang ditemukan oleh Kepler.

Observasi pertama fenomena transit Venus dia lakukan dari desanya Hoole (dekat Preston) dengan memproyeksikan gambar Matahari pada selembar kertas. Melakukan pengukuran pertama transit Venus. Meski tidak bisa mengamati hingga peristiwa itu selesai.

Planet venus yang berupa titik kecil (scitechdaily.com)

Menggunakan pengamatannya, Horrocks menghitung posisi simpul orbit Venus. Dia memperkirakan bahwa diameter Venus yang tampak tidak lebih dari satu menit busur dan bahwa nilai paralaks matahari tidak lebih besar dari 14".

Observasi pertama fenomena transit Venus sesuai dengan jarak Matahari-Bumi sekitar 14.700 jari-jari Bumi (94 juta kilometer). Observasi pertama fenomena transit Venus ini kemudian diterbitkan oleh J. Hevelius pada tahun 1662. Bagian lain dari karyanya tentang Venus diterbitkan oleh John Wallis pada tahun 1672.

Transit juga diamati oleh teman Horrocks, William Crabtree (1610-1644) di Manchester.

Penampakan berdasar foto NASA (svs.gsfc.nasa.gov)