Volkswagen mungkin masih harus menempuh jalan yang jauh sebelum mobil-mobil mereka melaju kencang di jalanan dengan bertenaga listrik. Tetapi divisi balap perusahaan tidak harus menunggu selama itu.
Merek asal Jerman ini baru saja mengungkapkan bahwa mereka akan membuat mobil balap yang secara penuh "didukung oleh pabrik" di bawah grup motorsport perusahaan.
Mobil balap tersebut akan bertenaga listrik dan tak masalah jika harus berhadapan dengan mobil balap bertenaga bahan bakar lainnya. Ya syukur ada prabrikan lain yang mau ikut membalapkan mobil lisrik juga.
Produksi mobil sport untuk konsumen tim balap masih terus berlanjut. Tetapi sebagai perusahaan, VW juga memperhitungkan untuk turun sendiri.
VW memang masih memproduksi Polo GTI R5 untuk tim balap pelanggan mereka, produksi untuk Golf GTI TCR yang siap digunakan dalam sesi balapan akan berakhir setelah 2019.
Setelah uji coba mobil ID.R di sirkuit Nürburgring, VW berharap untuk mengandalkan mobil menggunakan platform MEB yang berorientasi listrik untuk kompetisi di masa depan.
VW gunakan mobil listrik untuk balapan (engadget.com)
Pilihan VW untuk menempatkan ID.R sebagai kendaraan yang akan berkompetisi sepertinya tidak terlalu mengejutkan. Pasalnya VW sendiri sudah berkali-kali menyebut kendaraan ini sebagai mobil balap andalannya.
Penggunaan mobil ini juga relatif lebih mudah bagi VW untuk keluar dari balap bertenaga gas. Mengingat tingkat investasi yang tak sedikit di sana.
Sayap motorsport VW memang tak banyak dikenal selain untuk mobil reli atau mobil touring. Pergeseran ke EVs mungkin jauh lebih sulit bagi rival seperti Mercedes yang memiliki investasi besar dalam kompetisi seperti Formula 1.
Untuk itu, VW sendiri masih memiliki komitmen kuat untuk tetap berpartisipasi dalam balap berbasis gas melalui Audi dan Porsche. Jadi bisa dibilang ini bukan perpindahan yang penuh seperti yang disiratkan VW.
VW gunakan mobil listrik untuk balapan (volkswagen-motorsport.com)
Bagaimanapun juga ini merupakan langkah yang signifikan. Untuk pertama kalinya produsen mobil besar mulai meninggalkan mesin konvensional untuk tim pabrikannya.
Ini juga tidak sepenuhnya mengejutkan mengingat strategi jangka panjang VW. Pembuat mobil secara teratur menggunakan motorsport baik sebagai alat pemasaran dan sebagai platform penelitian untuk teknologi yang akhirnya membuat jalan ke kendaraan sehari-hari.
Jika VW akan menjual dan mempertahankan rencana elektrifikasi yang sedang tumbuh, kelompok balapnya perlu memimpin - dan itu berarti membuang mobil balap konvensional bertahun-tahun sebelum mobil regulernya beralih.
VW gunakan mobil listrik untuk balapan (engadget.com)