Kenapa Agama Samawi Turun di Timur Tengah? Yuk, Ketahui!

Kenapa sih agama samawi turun di timur tengah? Yuk, simak penjelasannya.

Agama samawi adalah jenis agama yang biasanya mempercayai Tuhan dan adanya rasul yang menyebarkan wahyu. Selain itu, agama samawi memiliki kitab suci yang dipercaya berasal dari wahyu Tuhan. Agama samawi dipercaya timbul dari wahyu Tuhan, bukan buaatan manusia atau tradisi dan budaya.

Lalu, taukah kalian kenapa sih agama samawi turun di Timur Tengah? Kok bukan di tempat lain sih? Di sini akan dijelaskan mengenai alasan kenapa agama samawi bisa muncul di Timur Tengah.

Pertama-tama, kalian perlu tau kalo agama samawi di Timur Tengah sering dikaitkan dengan agama Abrahamik. Agama Abrahamik merupakan agama yang muncul dari suatu tradisi semit kuno yang memiliki sosok leluhur Ibrahim. Pasti dong banyak dari kalian yang tau siapa Ibrahim itu?

Agama-agama besar yang termasuk agama Abrahamik ialah Yahudi, Kristen, dan Islam. Nama Ibrahim disebut di kitab-kitab suci agama tersebut.

Kemungkinan besar, karena Ibrahim sendiri berasal dari Timur Tengah, agama samawi atau agama Abrahamik pada awalnya berkembang di Timur Tengah terlebih dahulu. Sebelum akhirnya, bisa sampai ke penjuru dunia sampai sekarang.

agama samawi atau abrahamik (madrasahmassahar.blogspot.com)

Untuk itu, kita perlu mempelajari agama Abrahamik di Timur Tengah, kok bisa ngumpul di sana? 

Bagi umat Yahudi, sosok Ibrahim adalah kakek moyang mereka. Mereka menyebutnya sebagai "seorang Yahudi pertama" atau "bapak kami".

Melansir dari Geotimes.co.id, hal tersbeut karena kaum Israil berasal dari Ishaq dan Yaqub yang merupakan keturunan Ibrahim.

agama Abrahamik (id.quora.com)

Sementara itu, agama Kristen juga memiliki hubungan dengan Ibrahim melalui Yesus. Umat Kristen yakin bahwa diri mereka adalah pewaris Ibrahim yang juga disebut di kitab sucinya. 

Nah, seperti agama Abrahamik atau samawi lainnya, Islam juga kayak gitu. Islam mengklaim Ibrahim secara khusus. Muhammad punya garis keturunan Ibrahim lewat Ismail, anak Ibrahim. 

Meskipun begitu, Islam nggak menekankan aspek keturunan ini. Akan tetapi berusaha memperbaiki ajaran Ibrahim yang dipercaya "menyeleweng". Dalam kitab suci, Ibrahim nggak dikatakan sebagai Yahudi atau Nasrani. Melainkan, orang yang berserah diri (muslim).

Dari situlah 3 agama samawi atau abrahamik ini semakin berkembang sendiri-sendiri yang bermula dari Timur Tengah.

Itulah penjelasannya mengenai kenapa agama samawi turun di timur tengah. Gimana kalo menurut kalian gengs?

agama abrahamik atau samawi (erajaanagama.wordpress.com)