Ini Nih 7 Makanan Lebaran di Berbagai Negara di Dunia

Negeri kita cukup kaya akan tradisi kulinernya, apalagi pas menyambut Lebaran. Tapi tahu nggak kalau beberapa negara lain juga punya tradisi serupa yang menyajikan makanan saat Lebaran tiba?

Indonesia punya bermacam-macam makanan Lebaran super enak. Beberapa makanan yang paling identik yaitu ketupat beserta lauk atau sayur pendampingnya. Makanan itu belum termasuk camilan-camilan lain, macam kue-kue manis yang sama enaknya.

Nah, bukan cuma di Indonesia. Perayaan Lebaran Idulfitri di berbagai negara juga dirayakan dengan berbagai makanan khas yang tak kalah enaknya. Kita tengok yuk negara mana aja yang punya tradisi bikin makanan Lebaran.

1. Malaysia

Sebagai negara tetangga, makanan Lebaran di Malaysia memang tak berbeda jauh dengan di Indonesia. Untuk Lebaran, orang-orang Malaysia biasa menyantap ketupat maupun lemang. Ada juga nasi impit yang dimakan bersama serundeng. Kuenya pun serupa, ada nastar hingga dodol.

holodaysinmalaysia.org

2. India

Negerinya para bintang Bollywood ini juga punya tradisi bikin makanan Lebaran lho. Makanan utamanya seperti Seviyan ki Kheer yang mirip spaghetti. Seviyan ki Kheer dibuat dari susu, gula, dan berbumbu carmamom (sejenis rempah kayu manis). Seviyan ki Kheer juga bertabur irisan kacang almond.

youtube

3. Turki

Terkenal dengan berbagai makanan manis nan lezatnya, masyarakat Turki biasa menyambut Idulfitri yang disebut oleh masyarakat mereka sebagai Seker Bayrami yang artinya festival makanan manis. Tentu saja mereka akan menyajikan baklava, turkish delight, permen, dan berbagai cokelat.

geniuskitchen.com

4. Mesir

Orang Mesir biasa menyajikan Kahk makanan Lebaran mereka. Kahk adalah kue manis berisi kacang-kacangan seperti walnut atau agameya (sejenis madu) yang dilapisi gula halus di luarnya. Kahk yang isinya kurma juga ada lho, dan orang Mesir biasa menyantap Kahk sebagai santapan untuk sarapan.

atyabtabkha.com

5. Rusia

Umat muslim yang merayakan Idulfitri di Rusia biasa menyantap Manti. Sajian ini mirip seperti pangsit yang berisi daging domba atau sapi. Manti dimasak dengan cara dikukus, dan setiap daerah punya hidangan Manti dengan varian yang berbeda-beda.

onegreenplanet.org

6. Tiongkok

Umat muslim yang merayakan Idulfitri di Rusia biasa menyantap Manti. Sajian ini mirip seperti pangsit yang berisi daging domba atau sapi. Manti dimasak dengan cara dikukus, dan setiap daerah punya hidangan Manti dengan varian yang berbeda-beda.

mahramco.com

7. Somalia

Untuk berlebaran, orang-orang Somalia menghidangkan Cambaabur. Ini adalah roti khusus yang mirip seperti crepe dan berbumbu rempah-rempah seperti kunyit, bawang merah, bawang putih dan cabai. Makanan ini dipengaruhi juga oleh cita rasa Perancis mengingat negara ini pernah dijajah negeri Napoleon.

twitter