Trik Mengatasi Rasa Cemas yang Kerap Datang Tanpa Permisi

Rasa cemas kerap datang tanpa membari tahu terlebih dahulu. Bagaimana ya trik mengatasi masalah ini agar tetap tenang di semua situasi?

Kerap mengalamu rasa cemas yang mendadak datang mengganggu pikiran nggak gengs? Mungkin trik di bawah ini bisa membantumu mengatasinya. Sehingga bisa kembali menjalani aktifitas tanpa beban pikiran yang berlebihan. Kuy!

1. Menerima diri apa adanya

Rasa cemas berangkat dari diri sendiri. Pikiran kita kerap tidak mau menerima apa yang sedang dialami. Sehingga perasaan cemas kerap menghampiri. 

Sebelum berlajut ke trik mengatasi rasa cemas lainnya. Belajarlah terlebih dahulu menerika keadaan diri baik dan buruknya. Tak perlu merasa ini terhadap apa yang didapat orang lain di sekitarmu.

Trik mengatasi rasa cemas (dictio.id)

2. Tenangkan pikiran

Setelah menerima diri apa adanya, trik selanjutnya adalah dengan menangkan pikiran. Jika terburu-buru, kalian bisa mengambil nafas secara teratur terlebih dahulu. Fungsinya agar tubuh yang dihinggapi rasa cemas bisa rileks.

Jika sudah, selanjutnya mulai tenangkan pikiran. Coba untuk tidak memikirkan apapun terlebih dahulu. Setelah itu, selesaikan masalahmu secara satu per satu. Tak perlu terburu-buru, karena bisa memicu kembalinya rasa cemas.

Trik mengatasi rasa cemas (wellandgood.com)

3. Hindari keramaian

Kalau kalian kebetulan berada di tempat ramai saat rasa cemas datang, menyingkirlah terlebih dahulu. Semisal seperti saat di mall. Kalian bisa menggunakan toilet umum yang kerap jarang ada orang gunakan untuk menenangkan diri. 

Lakukan trik di atas tadi selagi di dalam toilet umum. Tak perlu risaukan orang di luar karena mereka pun tak ingin mengganggu orang yang sedang di dalam.

Trik mengatasi rasa cemas (gilesmeetsworld.com)

4. Fokus pada diri sendiri

Waktu senggang bisa digunakan untuk melatih diri menghadapi rasa cemas. Pilih aktivitas yang bisa membuatmu bahagia dan bersemangat menjalani hidup. Entah itu traveling, membaca, tidur seharian, apapun itu. Ketika kamu berhasil menemukan kebahagiaan pada diri sendiri, percayalah kalau dunia di sekitarmu pun akan ikut bahagia. Alhasil, kamu pun tidak akan sering merasa cemas lagi.

Trik mengatasi rasa cemas (defyingmentalillness.com)

5. Akivitas luar ruangan

Tetapi bukan luar ruangan yang banyak orang juga. Pilih tempat yang tak terlalu ramai seperti taman untuk beraktivitas fisik. Luangkan waktumu untuk berolahraga sekitar 15-30 menit. Pikiranmu akan segar kembali dari rasa cemas. 

Atau pilih aktivitas yang menyenangkan. Seperti bersepada, jalan santai, yoga, dan semacamnya.

Trik mengatasi rasa cemas (itascatur.org)