WhatsApp Sediakan Fitur Katalog bagi Pelaku Bisnis Memajang Barang Dagangan Mereka

Pelaku bisnis akan mendapat kemudahan dari WhatsApp untuk memajang barang dagangan mereka. Fitur katalog tersedia di versi bisnis.

Sosial media dewasa ini sudah menjadi bagian yang tak terpisahkan dari dunia usaha, terutama usaha kecil dan menengah. Mereka memanfaatkan berbagai aplikasi medsos, seperti WhatsApp, Instagram, atau Facebook.

Dan para pelaku usaha tidak hanya menggunakan media sosial dan aplikasi berkirim pesan untuk mempromosikan produk mereka. Mereka bahkan menjual barang-barang dagangan melalui aplikasi medsos. 

Membaca peluang ini, WhatsApp kembali memperkenalkan fitur baru untuk aplikasi mereka yang akan memudahkan pelanggan bisnis untuk membeli produk dari pemilik usaha online shop.

WhatsApp telah meluncurkan katalog untuk aplikasi versi Bisnisnya, dan pelaku usaha yang tidak memiliki situs web resmi dapat menggunakan fitur ini untuk membangun etalase seluler yang memamerkan barang-barang mereka. 

Dengan kata lain, WhatsApp kini memiliki semacam layanan belanja dalam aplikasi yang memungkinkan orang membeli produk tanpa harus mengunjungi situs web.

WhatsApp sediakan fitur katalog untuk pelaku bisnis (engadget.com)

Online shop yang menjual barnag melalui aplikasi chatting terkadang harus mengirim calon pelanggan daftar harga dan foto produk mereka berulang kali. Fitur katalog memungkinkan mereka untuk membuat daftar barang dengan foto, harga dan deskripsi.

Pelanggan juga tidak perlu mengunduh aplikasi WhatsApp versi Bisnis untuk dapat menelusuri produk yang terdaftar.

Katalog sekarang tersedia untuk perangkat Android dan iPhone di Brasil, Jerman, India, Indonesia, Meksiko, Inggris dan AS. Tetapi anak perusahaan Facebook tersebut mengatakan fitur katalog akan "segera" tersedia di seluruh dunia.

WhatsApp meluncurkan aplikasi versi Bisnis pada awal 2018. Dengan aplikasi ini pelaku usaha dapat menampilkan bio, email, alamat dan nomor kontak resmi mereka. Versi tersebut juga memberi mereka akses ke metrik perpesanan dan alat berorientasi bisnis lainnya, termasuk cara memprogram balasan cerdas seperti FAQ.

WhatsApp sediakan fitur katalog untuk pelaku bisnis (ionos.co.uk)