13 Jajanan Tahun 90an, Memori yang Lucu dan Bikin Kangen

Apa yang paling kamu inget tahun 90an? Jajanan. Nah, jajanan ini bikin kangen dan keinget kejadian-kejadian lucu pada masa itu. Yuk, coba diinget-inget lagi masa-masa masih lucu.

Anak Mas

Makanan ini sejenis mie yang mesti diremes dan dicampur bumbu. Bumbunya dibungkus dengan warna emas. Mungkin karena itu dinamain Anak Mas ya? Hehe. Harganya cuma 100 rupiah. Jajanan tahun 90an ini kalo makan kebanyakan bikin batuk. Makanya, mama sering cerewet kalo keseringan jajan Anak Mas di warung tetangga.

Source: Keepo.me

Arum Manis/rambut nenek

Jajanan tahun 90an banget ini biasanya lewat depan rumah. Yang jual bapak-bapak bawa alat gesek. Kadang disebut makanan 'ngok ingik' karena suara alat geseknya mirip biola, tapi suaranya agak mayor. 

Jajanan ini harganya agak mahal. Sekitar 200 rupiah. Agak mahal karena kadang bapak-bapak penjualnya ngasih bonus lagu-lagu anak pake 'biola rumahannya'. 

Source: Bchree.

Chiki


Nah, jajanan tahun 90an yang ini bareneka rasa dan bentuk. Yang rasa asin berbentuk balls dan stick. Yang manis rasa coklat. Kamu dulu gemar yang rasa apa? Hehe.

Source: Jaman90an.

Coklat Payung

Punya memori sama jajanan tahun 90an yang ini? Sayangnya coklat bentuk payung ini udah ngga diproduksi lagi. Tapi masih ada coklat yang lain kok. Sama masih ada memori masa kecil dapet hadiah coklat payung dari gebetan.

Source: Njajan.

Coklat Jago

Coklat jago ini dulu harganya 100 rupiah. Mewah banget deh kalo udah jajan jajanan tahun 90an yang satu ini. Soalnya dibanding yang lain, harganya cukup mahal. Belom lagi dulu sempet di dalemnya ada kupon yang bisa ditukar hadiah mewah kalo ngirim bungkusnya via pos. Jadul banget ngga sih? Kangen tapi.

Source: Rendrautomo.

Coklat Wafer Superstar

Sekarang masih diproduksi, tapi pake merk lain. Adalah coklat wafer Supermen. Ini harganya juga lumayan mahal dibanding jajanan yang lain. Jajanan tahun 90an ini harganya 100 rupiah. Tapi ya gimana, dulu aja dollar Amerika cuma 2000 rupiah. Sekarang? 7 kali lipat. 

Source: Selipan.

Es dong dong

Jajanan tahun 90an ini favorit banget dibeli saat kemarau. Rasa manis dan pekatnya santan lumer dimulut. Bapak-bapak penjualnya pake penanda 'kenong' sebagai tanda kedatangannya. Biasanya disajikan dengan roti tawar yang dilipat dua, es ditaruh ditengahnya. Atau pake warna-warni cone ala-ala.

Source: Provoke-online.

Gulai Ayam Chili Snack

Jajanan tahun 90an ini bikin tersedak kalo ngga hati-hati makannya. Bentuknya balls seperti Chiki tapi lebih kecil. Kadang nempel dimulut dan gigi jadi kuning setelah makan gulai ayam chili stick. Rasa gulainya samar-samar, rasa pedasnya yang bikin tersedak.

Source: Tokopedia.

Jagoan Neon

Nah, permen ini jagoan banget. Setelah makan, mesti pamer lidahmu yang berwarna. Dan, dalam produksi yang terbaru. Warna permen berbeda dengan warna yang nempel dilidah. Ini bikin petualangan masa kecil hadir kembali. Tapi, tentu saja harganya beda. Kalo dulu harga 50 rupiah. Sekarang? Bisa sepuluh kali lipatnya atau bahkan lebih. Ya, namanya juga jajanan tahun 90an.

Source: Tokopedia.

Krip Krip

Jajanan tahun 90an yang ini jadi idola untuk mengisi jam istirahat sewaktu sekolah dasar. Harganya 100 rupiah dapat dua. Murah banget kan? Ya, tentu saja. Uang saku jaman dulu paling juga cuma 200 rupiah. 

Makanan ini bentuk mie kecil-kecil. Bumbunya semacam bumbu balado. Rasanya agak pedas asin. Masih inget ngga? Dulu sehari beli berapa bungkus.

Source: Selipan.

Potato Tube

Ini dia jajanan tahun 90an yang rasanya kebarat-baratan. Chicken Barbeque. Sekarang masih ada lho. Rasanya gurih-gurih enak. Nah, kejutan hadiahnya bikin nagih. Mulai dari motor-motoran dari plastik sampai iket rambut.

Source: Bukalapak.

Tic Tic

Jajanan tahun 90an ini rasanya asin. Bentuknya stick sepanjang dua ruas jari. Meskipun hampir tiap hari jajan jajanan ini, ngga bakal bosen. Soalnya masa kecil kan memang bahagia terus ya? Sampe marahan sama temen gegara ngga kebagian jajanan ini di kantin sekolah. 

Source: Breaktime.

Yosan

Permen karet satu ini dengan rasa-rasa buah. Didalam bungkusnya kadang ada hadiah yang bisa ditukarkan ke pembelinya. Bangga banget kalo bisa niup permen ini besar-besar. Sampe kadang bisa nyombong ke temen sebangku karena bisa ngeluarin suara kenceng. Nah, kamu pernah usil naroh sisa permen karen ini di bawah bangku sekolah ngga? Hehe, kangen kan sama jajanan tahun 90an. 

Source: Indonesianfree.