Sains: Wajah Kita Bisa Menunjukkan Beberapa Hal Ini

Sains mengungkap bahwa wajah kita bisa menunjukkan beberapa hal ini. Hmm ....

Kita bisa mendapat beberapa informasi dengan hanya melihat wajah orang. Dari wajah seseorang, kita bisa tau apa orang itu cantik/ganteng. Kita juga bisa tau dia lagi gembira, marah, atau sedih. 

Di luar hal-hal itu, kita bisa tau tentang kesehatan mereka, termasuk juga bagaimana kepribadiannnya.

Seperti dikutip dari Sciene Focus, selain hal-hal tadi, sains menjelaskan bahwa wajah kita tuh bisa menunjukkan beberapa hal ini. Apa aja sih? Simak deh ulasannya.

#1 Jago berkelahi

Seberapa jago kalian dalam hal bela diri atau berkelahi tuh bisa keliatan dari wajah kok. Hal ini bisa dilihat dari wajah orang atau wajah lawan tarung kalian. 

Hal ini pun diungkap berdasarkan studi yang dilakukan sejumlah psikolog terhadap para petarung ultimate Fighting Championship (UFC).

Kata para peneliti, petarung dengan muka lebih lebar cenderung jadi pemenang ketimbang yang wajahnya tirus. Senyuman di wajah orang juga bisa menentukan. Petarung yang lebih sering senyum sebelum bertanding, biasanya lebih sering kalah daripada yang tidak. Hmm ....

Jago berkelahi gak sih? Keliatan loh dari wajah (mashable.com)

#2 Suka seni atau sains

Kecenderungan seseorang dalam berpikir bisa dibagi dua: logis atau abstrak. Nah, orang-orang yang logis tuh yang suka segala sesuatu yang berkaitan dengan ilmu pengetahuan dan sains. Sementara orang yang lebih suka seni cenderung berpikir abstrak.

Kecenderungan ini juga bisa dilihat dari wajah orang loh. Studi terkait hal ini dilakukan di University og South Australia. Mereka menemukan bahwa insinyur, matematikawan, atau ahli kimia biasanya cenderung berfoto dengan selalu menonjolkan wajah kanannya.

Sementara para seniman dan psikolog cenderung berfoto sebaliknya, menonjolkan wajah kirinya. Hal ini juga sejalan dengan penelitian-penelitian yang ada sebelumnya.

Kalian suka seni atau sains? (youworkforthem.com)

#3 Gaya hidup orang

Semua orang punya kecenderungan punya wajah yang lebih muda atau lebih tua dri usia yang sebenarnya. Peneliti Chinese Academ of Science mengamati wajah 300 orang berusia 17-77 tahun.

Mereka menemukan bahwa setiap rentang usia memiliki ciri-ciri wajahnya sendiri. Misalnya orang tua umumnya memiliki hidung yang lebih besar.

Fitur wajah yang dimiliki setiap orang bisa diamati, dan kita bisa membandingkan dengan usia sebenarnya. Dari situ, kita bisa dapat informasi tentang gaya hidup orang itu. Makanya, banyak yang bilang kalo hidup kita tuh terukir di wajah kita.

Gaya hidup kalian juga bisa dilihat (freepik.com)

#4 Rasa sakit

Wajah orang bisa digunakan untuk mengukur seberapa rasa sakit yang ia rasakan. Hal ini penting banget buat para tenaga medis. Rasa sakit yang dirasakannya bisa keliatan kok dari wajahnya. Wajah pasien, misalnya.

Para peneliti dari University of California menemukan algoritma untuk mengukur rasa sakit berdasarkan video wajah pasien. Pengkurunnya menggunakan teknik tersebut ternyat alebih akurat daripada perkiraan para perawat.

Dengan begitu, penanganan terhadap masalah yang dialami pasien bisa segera teratasi. Apalagi anak-anak yang dianggap belum bisa mengungkapkan rasa sakit yang dialaminya dengan baik.

Rasa sakit juga pasti ketahuan kok (shutterstock.com)

#5 Apa yang kita makan

Wajah juga bisa menunjukkan apa yang kita makan gengs. Orang lain bisa tau akan hal ini karena ada beberapa jenis makanan yang bisa meninggalkan "jejak" setelah kita memakannya.

Jenis makanan yang dimaksud adalah yang mengandung banyak karotenoid atau pigmen oranye. Biasanya terdapat dalam wortel. Orang yang rajin mengonsumsi wortel kulitnya jadi keliatan lebih kekuningan.

Jadi, itulah yang diungkap sains bahwa wajah kita bisa mengungkapkan hal-hal tersebut.

Dari wajah aja bisa ketahuan kok kamu makan apa (japancenter.com)