Tips Mix and Match Baju Hijab untuk Kamu yang Suka Travelling

Buat yang suka traveling, ngga usah bingung mau pake outfit apa saat menikmati perjalanan menyenangkan. Mau casual look, pasti. Mau terlihat feminin, bisa. Yang penting buat kamu nyaman.

Setelah memastikan dimana destinasi dan bagaimana kondisinya. Kamu bisa nentuin deh gimana nge-mix dan match baju hijab yang kamu pakai. 

1. Tujuan ke Pantai

Buat kamu yang destinasimu ke pantai. Kamu bisa milih pakaian yang berbahan ringan. Serta ngga bikin kulitmu terbakar matahari. 

Pilih jilbab yang nyaman. Untuk pilihan warna, pilih warna soft. Pilihan yang tepat kalo kamu milih warna senada dengan alam.  

Celana kulot adalah pilihan pertama. Sedangkan celana kain bisa jadi pilihan kedua. Celana ini bisa buat kamu nyaman saat main air dan main pasir. Lupakan panas matahari dengan membawa topi dan kaca mata sun-screen

Alas kaki, kamu enak kalo cuma pake sepatu sandal. Maksudnya, kalo kena air bisa cepet kering. Dan kalo mainan pasir, pasir yang masuk ke alas kakimu bisa ngga bikin kamu ngerasa risih. 

Source: Pinterest.

2. Tujuan ke daerah bercuaca hangat sampai panas

Di destinasimu yang bertujuan ke daerah hangat, misal daerah sepanjang garis khatulistiwa, kamu bisa pake banyak pilihan. Kamu bisa pake celana jeans dengan fit-leg. Atau juga bisa dengan rok yang berbahan ringan. 

Source: Pinterest.

Buat atasannya, bisa banget maen-maen dengan kreativitasmu. Cantik dengan memakai atasan rajut berwarna ngejreng. Untuk kesan feminin kamu bisa milih pakaian berwarna pastel. Pakai jilbab yang ngga ribet. Kamu bisa pake jilbab segi empat yang diiket atau dipeniti. Bisa juga pake pasmina. Untuk warna, sesuaikan sama warna pakaianmu, biar berkesan.

Untuk potongannya, asalkan membuatmu nyaman dan ngga kepanasan. It's okay kamu memakai outer semacam asimetris kimono, denim jacket, atau sweater.

Sepatu terbaik adalah sepatu yang empuk. Biar ngga pegel kakimu saat jalan-jalan menelusuri setiap sudut kota. Kamu bisa pake sneakers. Bisa juga pake flat-shoes. Yang perlu jadi pertimbangan adalah pake high-heels

Source: Pinterest.

3. Jika tujuanmu ke tempat wisata daerah kota

Kamu cakep kalo pake jeans dan kaos yang dipermanis dengan outer coat. Tapi perhatiin bahannya ya. Ngga asik kan kalo kamu jalan-jalan ke museum trus kepanasan. Jadi, pilih bahan yang sesuai.

Source: Pinterest.

Pilihan warna jilbab bisa trendy kalo kamu mainin warna yang hangat. Atau bisa warna gelap. Nah, sepatu sneakers tetep pilihan unggul buat jalan-jalan. Atau pake booth juga nyaman. Jangan lupa bawa kaca mata hitam biar tambah kece. 

Source: Pinterest.

4.Tujuan mendaki gunung

Pertama, yang mesti dikenali adalah berapa derajat cuaca di gunung yang mau kamu daki. Nah, artinya, kamu bisa bawa baju hangat yang sesuai dengan cuaca dingin di gunung. Di toko-toko adventure biasanya nyediain jaket yang fit dengan suhu.

Jaket biasanya ada pilihan untuk water-proof dan wind-proof. Jadi, ini bisa jadi pilihanmu. Pilih juga warna yang kontras. Ini sebenernya jadi safety operational precedure sih. Biar kalo kamu ketinggalan dibelakang bisa dikenali sama temenmu yang jadi leader mendaki gunung.

Perlengkapan yang dibawa memang agak banyak. Tapi buat kenyamanan naik gunungmu. Seperti kaos tangan, masker wajah, slayer atau scarf.

Untuk baju, kamu bisa pilih baju yang hangat. Pilih yang berbahan kaos. Biar ringan bawaanmu. 

Source: Instagram.

Celana, sebaiknya ngga pake celana jeans. Karena jeans yang tebal, susah kering kalo kena embun. Belum lagi dingin bisa menembus serat-serat jeans. 

Ditambah, kalo gunung lagi bercuaca panas, celana jeans nyerap panas dan jadi tambah panas deh.

Pilihan terbaik untuk celana adalah celana cargo. Celana ini berbahan ngga terlalu tipis dengan serat benang yang bisa ngelindungin kamu dari cuaca dingin. Saat cuaca panas, sirkulasi udara juga berjalan dengan baik.

Sepatu terbaik adalah sepatu tracking. Sepatu ini dibuat bergigi besar dialas sepatu. Biar kalo kamu ngelewatin jalan mendaki, berliku, dan licin kamu tetap aman. Dan, sepatu tracking dibuat dari bahan yang ergonomis untuk kakimu.

Source: Instagram.

5. Tujuan ke daerah bermusim dingin

Untuk pergi ke daerah yang lagi musim dingin, pilih coat yang tebel ya. Atau coat yang sesuai dengan cuaca dinginnya. Kalo misal kamu jalan-jalan ke Eropa pas winter, suhu bisa sampai 2 derajat celcius, artinya kamu mesti bawa coat yang tahan sama cuaca dingin. 

Untuk pakaian dalem, kamu bisa pake warna netral. Bawa juga sweater tebal untuk tambahan baju hangat. Untuk jilbab, pilih jilbab yang berwarna soft. 

Bahannya bisa apa aja. Untuk jilbab yang bermotif, pilih motif yang netral ya. Misal floral atau dotted atau juga bergaris. 

Sepatu terbaik pertama yang match adalah sneakers. Sepatu booth juga ngga kalah. Pilih sepatu booth yang feminin-look ya. 

Untuk keseluruhan destinasi, jangan sampe cuman bawa satu tas ya. Bawa tas kecil untuk diisi uang koin. Bawa juga tas yang bisa dibawa saat kamu jalan-jalan, selain koper atau tas carier.