Deretan Makanan dan Minuman yang Bikin Kita Jadi Pelupa, Duh!

Ini nih deretan makanan dan minuman yan bikin kita jadi pelupa. Duh! Kurang-kurangin deh.

Setiap hari kita makan dan minum. Tapi, makanan dan minuman yang kita konsumsi setiap hari tuh gak sekadar bikin kita kenyang gengs.

Sebab, makanan dan minuman itu memiliki nutrisi yang baik untuk kinerja organ-organ tubuh kita. Begitu juga untuk otak kita. Segala nutrisi akan melancarkan kemampuan kognitif otak, termasuk untuk memori kita.

Di balik itu, sebenernya ada juga lho makanan dan minuman yang bisa berdampak buruk buat kinerja otak kita. Apalagi kalo hal itu dikonsumsi secara berlebihan.

Seperti dikutip dari Kumparan, ada beberapa makanan dan minuman yang sebaiknya kita batasi asupannya biar kita gak gampang jadi orang yang pelupa. Simak deh.

Makan apa ya biar gak gampang lupa?! (medium.com)

#Minuman manis

Minuman manis ini bahaya banget gengs. Kalo kita rajin minum minuman manis, berat badan kita bisa naik, bahkan kita bisa kena diabetes juga.

Lebih parahnya lagi nih, kalian bisa jadi seorang yang pelupa. Konsumsi minuman manis dalam jumlah yang berlebihan dalam sehari bisa meningkatkan risiko terserang Alzheimer loh. Termasuk mungkin juga terserang dementia atau diabetes. Gak mau kan? Kurangin!

Minuman beginian nih ... duh~ (peakendurancesport.com)

#Karbohidrat olahan

Ada banyak makanan karbohidrat olahan. Misalnya makanan yang diolah dengan tepung terigu dan digoreng. Belom lagi makanan manis atau yang telah diolah beberapa kali sebelum dimakan.

Karbohidrat jenis ini memiliki indeks glikemik yang tinggi. Serta bisa diserap tubuh dengan cepat. Akhirnya, menyebabkan lonjakan gula darah deh.

Jadi, mulai deh kurangin makan goreng-gorengan dari sekarang meski enak banget, hehehe.

Karbohidrat olahan dari gorengan misalnya (id.wikipedia.org)

#Lemak jenuh

Berdasarkan sebuah studi tahun 2014 lalu, konsumsi lemak jenuh juga bikin kita bisa terserang Alzheimer loh. Ingatan kita tentang sesuatu bisa memburuk karena lemak jenuh atau lemak trans.

Kerja kognitif kita bisa menurun, begitu juga dengan volume otak kita. Duh! Makanan dengan kandungan lemak jenuh bisa mengurangi kemampuan otak untuk mempelajari dan membentuk ingatan baru. Kalian gak mau kan melupakan kenangan terindah kalian selama ini bersama dia ....

Lemak jenuh ada di makanan ini, padahal enak yak~ (traveloka.com)

#Alkohol!

Konsumsi alkohol dalam jumlah berlebihan tentu TIDAK BAIK! Dampaknya kepada otak kita serius banget gengs. Alkohol bisa mengurangi volume otak dan perubahan metabolisme tubuh.

Buat kalian yang sering minum minuman keras, mulai kurangin deh atau berhenti sama sekali. Soalnya, kita bisa kena gangguan otak atau hilang ingatan. Parahnya bisa berdampak pula pada gangguna penglihatan.

Kebanyakan emang gak baik ya gengs~ (medicalnewstoday.com)

#Makanan olahan

Ini nih ... buat kalian yang rajin ngemil keripik kentang, permen, atau makan mi instan dan makanan cepat saji, segera kurang-kurangin! Atau, ingatan kalian yang bisa berkurang dengan sendirinya.

Yak, makanan olahan emang ancaman yang sesungguhnya gengs. Kalian bisa obesitas gara-gara makanan olahan. Lagian, bertambahnya lemak di sekitar organ tubuh berkaitan erat dengan kerusakan otak gengs.

Mulai sekarang, kurang-kurangin ya konsumsi makanan dan minuman yang ada dalam daftar di atas. Itu kalo kalian gak mau jadi seorang pelupa dan tetep sehat. Pilih yang mana deh ....

Makanan begini juga nih yang bikin gampang pikun~! (vix.com)