Tidur 2 Menit Jadi Kebiasaan Tentara AS, Boleh Dicoba Nih ...

Tidur 2 menit jadi kebiasaan tentara AS. Emang bisa ya? Emang cukup? Boleh dicoba nih ....

Aktivitas sehari-hari kadang bikin kita kelelahan. Terutama orang yang sibuk banget nih setiap harinya. Harus pinter-pinter bagi waktu dan istirahat yang cukup.

Kalo kurang istirahat atau kurang tidur, itu yang bahaya. Tapi tenang, soalnya kalian bisa coba tips dan trik untuk tidur ala tentara Amerika Serikat (AS) ini kok.

Yap, angkatan militer AS tuh punya metode unik untuk tidur. Mereka bisa tidur 2 menit aja gengs! Cuma 2 menit doang!

Metode ini berawal dari sebuah buku berjudul "Relax and Win: Championship Performance" karya Sharon Ackman. Dalam buku itu, Ackman ngasih tau kepada para pembacanya tentang manfaat tidur 2 menit doang ala anggota militer AS.

Ackman menyebut bahwa metode tidur 2 menit ini dikembangkan oleh sekolah pra-penerbangan Angkatan Udara AS.

"Sekolah pra-penerbangan Angkatan Udara AS mengembangkan metode ilmiah untuk tidur siang dan malam dalam kondisi apa pun, dalam waktu kurang dari dua menit," tulis Ackman dalam bukunya itu.

Tentara AS (independent.co.uk)

"Setelah enam pekan menjalani masa latihan, 96 persen pilot bisa tertidur dalam dua menit atau kurang. Bahkan setelah minum kopi dengan diiringi suara tembakan," lanjut tulisan di buku itu.

Tips dan triknya sebenernya simpel gengs. Kalian bisa ikutin kok.

Begini, yang pertama kali harus kalian lakukan adalah mengosongkan pikiran. Kosongkan ... terus lemaskan semua otot di wajah kalian.

Selanjutnya, kalian wajib kondisikan bahu dan lengan kalian serelaks mungkin.

Setelah itu, tarik napas dalam-dalam dan regangkan kaki-kaki kalian.

Cara-cara di atas harus dilakukan secara berurutan gengs. Cuma hitungan detik kok.

Saat bertugas, mereka kurang tidur ... (flickr.com)

10 detik kemudian, kalian harus jernihkan pikiran kalian sepenuhnya. Coba bayangin kamu ada di sofa yang empuk dan nyaman. Kalo masih gak bisa juga atau sulit dibayangkan, triknya bilang "jangan berpikir" dalam hati. 

Lakukan itu berulang-ulang dan sugesti itu akan membantu kalian tertidur 2 menit.

Setelah melakukan step by step itu, mulailah untuk memejamkan mata kalian. Tidur deh pasti ....

Mereka bakal tidur 2 menit, minimal tidur deh~ (indiatimes.in)

Ackman mengatakan bahwa teknik ini sangat bermanfaat buat para militer yang tengah berada dalam situasi yang berbahaya. Kebayang gak sih gimana cara mereka tidur kalo lagi ada pertempuran sengit berhari-hari lamanya?

Manfaat tidur sering diungkap dalam berbagai penelitian. Misalnya penelitian di European Society of Cardiology Congress bulan September lalu. Katanya, tidur selama 6-9 jam setiap malam bisa menjaga kesehatan jantung kita.

Sementara The Journal of Neuroscience juga menyebutkan bahwa kurang tidur akan berdampak buruk buat kesehatan tubuh kita. Dengan atau tanpa dua penelitian ini, selama kita masih hidup, kita jelas butuh tidur. Kita perlu istirahat gengs!

Coba terapkan metode tidur ini deh ... (amazonaws.com)

Buat kalian yang sering dilanda insomnia, kalian bisa terapkan metode tidur 2 menit ala tentara AS ini. Minimal kalian bisa mengistirahatkan tubuh dari segala aktivitas yang bikin lelahhh~

Dah, tidur gengs, tidur .... Biar besok gak kesiangan ya bangunnya. Hehehe.

Kalo bisa, kalian bisa tidur di mana aja deh~ (medium.com)