Salep Analgesik: Jenis dan Efek Samping Penggunaan

Salep analgesik biasa digunakan untuk meredakan nyeri. Selain nyeri ada beberapa manfaat lain dari obar analgesik.

Kalau nyeri, sakit gigi sama sakit perut waktu haid biasanya kamu pergi ke apotik dan minta obat pereda nyeri. Paracetamol juga pasti udah sering kamu dengar namanya, bahkan pengguna setia obat ini. Obat yang dikasih ke kamu itu sebenarnya adalah golongan analgesik. Bahkan narkotika juga masuk golongan ini.

Analgesik merupakan golongan obat yang biasa dipake buat meredakan gejala demam, meredakan nyeri, peradangan otot dan sendi, dysmenorrhea operasi, kram menstruasi, radang sendi, operasi, cedera, sakit gigi, sakit kepala.

Terdapat 3 jenis obat yang masuk dalam golongan analgesik yaitu:

1. Salisilat, seperti aspirin.

2. Paracetamol.

3. Obat antiinflamasi nonsteroid (OAINS)

Beberapa merek agang obat analgesik

Merek dagang Aspirin: Aspilets, Astika, Farmasal, Miniaspi, Thrombo aspilets

Merek dagang Paracetamol: Biogesic, Eterfix, Fevrin, Kamolas, Naprex, Ottopan, Panadol, Pehamol, Pyrexin, Sanmol, Tamoliv, Cetapain, Farmadol, Ikacetamol, Moretic, Nofebril, Pamol, Praxion, Pyridol, Sumagesic, Tempra.

Analgetik-antipiretik jenis Obat Antiinflamasi Non Steroid (OAINS)

Merek dagang Ibuprofen: Arfen, Brufen, Farsifen, Iprox, Proris, Prosinal, Spedifen, Arthrifen, Bufect, Farsifen, Ostarin, Prosic, Rhelafen, Yariven

Merek dagang Ketoprofen: Altofen, Lantiflam, Nazovel, Pronalges, Rhetoflam, Kaltrofen, Nasaflam, Profika, Remapro, Profenid

Obat analgesik pereda nyeri (thecourier.co.uk)

Merek dagang Piroxicam: Novaxicam, Piroxicam, Feldene, Fleroxi, Xicalom, Faxiden, Rheficam, Denicam, Scandene, Tropidene, Roxidene 20, Licofel, Lexicam, Counterpain PXM, Kifadene, Pirofel, Omeretik, Triadene 20, Maxicam, Miradene, Infeld, Rosic, Benoxicam 20, Feldco, Grazeo 10, Grazeo 20, Rexil, Yasiden, Campain.

Merek dagang Asam menefamat: Datan, Femisic, Maxstan, Pehastan, Ponstan, Asimat, Dogesic, Mefinal, Poncofen, Solasic

Banyak banget jenis obat analgesik yang dijual dipasaran atau hanya bisa didapat dengan resep dokter. Obat pereda nyeri tersebut punya cara kerja yang beda. 

Golongan opium bekerja dengan mengurangi sinyal rasa sakit yang diberikan oleh otak dan sistem saraf. Paracetamol bekerja mengubah respon tubuh terhadap rasa sakit. Obat jenis lainnya berperan menghambat perkembangan rasa sakit di dalam tubuh.

Cara kerjanya beda, tapi dengan tujuan sama. Mengurangi nyeri dan rasa sakit. Tapi ya gak bisa buat mengurangi rasa sakit hati ya gengs. Susah obatnya itu mah.

Meski banyak banget di jual di apotik dan toko, tapi untuk kasus tertentu ada yang harus diperhatikan pemakaiannya. Sesuai dengan petunjuk dokter. Minum obat gak boleh sembarangan ya gengs. Bukannya sembuh nanti malah tambah sakit deh.

Paracetamol pereda panas (wikipedia.com)

Buat kamu yang punya riwayat penyakit di bawah ini harus hati-hati.

Rentan mengalami sakit tukak lambung, maag, asma, dehidrasi, hipertensi, gagal jantung, gangguan ginjal, gangguan hati, dan hemofilia, alergi, dan sedang mengonsumsi obat-obatan. Seperti kortikosteroid, phenylbutazone, phenytoin, spironolactone, antikoagulan, methotrexate, obat untuk diabetes, antasida, dan asam valproat.

Penggunaan obat tidak sembarangan, sesuaikan juga dengan keadaan kesehatanmu.

Perhatikan juga penggunaan pada anak, lansia dan ibu hamil. Soalnya mereka ini yang rentan dengan efek obat kimia. Paracetamol tidak disarankan untuk ibu hamil tapi aman untuk ibu menyusui.

Selain obat yang diminum salep analgesik juga sudah banyak beredar di pasaran. Kalau pakai salep analgesik, kandungan obat akan diserap melalui kulit. Salah satu kandungan yang paling sering digunakan adalah natrium diklofenak.

Salep analgesik gak cuma bermanfaat untuk meredakan keluhan nyeri otot aja, melainkan keluhan lainnya seperti nyeri sendi akibat cedera tendon atau ligamen.

Salep analgesik ini penggunaannya praktis dan ada sensasi hangat atau panas. Sensasi ini yang bikin nyaman nyeri otot. Juga bisa berfungsi untuk melancarkan sirkulasi darah. Salep analgesik juga cenderung lebih aman digunakan terutama bagi yang memiliki gangguan lambung atau gangguan pada ginjal.

Obat oles biasanya mengandung wangi yang menyegarkan dan menenangkan. Selain meredakan nyeri juga bisa buat relaksasi. Ingatlah bahwa obat oles umumnya tidak membantu menyembuhkan, tetapi hanya meredakan nyeri dan memberikan rasa nyaman saat digunakan.

Kalau mau lebih ampuh pakai yang obat untuk diminum.

Efek samping dari penggunaan obat anti nyeri yang diminum bisa berupa iritasi lambung atau peningkatan tekanan darah. Jika digunakan dalam jangka waktu panjang dapat meningkatkan risiko terjadinya gangguan jantung dan juga ginjal.

Salep analgesik paling baik disimpan pada suhu ruangan, jauhkan dari sinar matahari langsung dan tempat yang lembap. Jangan disimpan di kamar mandi. Jangan dibekukan.

Salep analgesik (pinterest.com)