Lima Singkatan yang Kerap Kalian Denger Tapi Jarang Tahu Kepanjangannya

Kalian pasti kerap mendengar singkatan-singkatan ini. Tapi tahu nggak hayo apa kepanjangan mereka?

Menjalani kehidupan sehari-hari biasanya kita akan bertemu beberapa istilah berupa singkatan kata/frase. Dan kadang kita nggak begitu peduli sama kepanjangannya. Asal tahu saja apa maksud singkatan itu dan mengerti cara penggunaanya.

Nggak masalah sih, tetapi apa kalian nggak penasaaran sebenarnya apa sih kepanjangan dari singkatan-singkatan yang kerap kita dengar gengs. Yuk kita lihat lima singkatan yang paling kerap kita temui tapi jarang tahu kepanjangannya.

1. ATM

Singkatan ATM ini unik, karena dalam Bahasa Inggris maupun Indonesia sama. Di sini kita mengenalnya dengan istilah Anjungan Tunai Mandiri, sedangkan di Bahasa Inggris ATM adalah kependekan dari Automated Teller Machine. ATM sebuah mesin otomatis yang dapat melayani pelanggan mirip seperti teller di bank.

Anjungan Tunai Mandiri (bankrate.com)

2. SIM

Istilah SIM yang dimaksud tentu saja bukan "Surat Izin Mengemudi" untuk menghindari tilangan, SIM yang berada dalam ponsel memiliki kepanjangan Subscriber Identity Module. Ia merupakan sebuah nomer khusus yang bisa menghubungkan ponsel dengan server telekomunikasi sehingga kalian bisa melakukan panggilan telepon atau bentuk komunikasi lainnya.

Kartu SIM (drivetribe.com)

3. PIN

Meskipun kalian jarang tahu kepanjangannya, tetapi kalian pasti kerap menggunakan PIN untuk mengakses sesuatu yang terenkripsi. Fungsinya adalah untuk mengidentifikasi seseorang kala ia mengakses sesuatu yang terkunci secara digital. Maka dari itu kepanjangannya adalah Personal Identification Number.

Nomer PIN (popsci.com)

4. ICU

Setiap Rumah Sakit pasti memiliki ruangan ICU. Dan kepanjangan ICU adalah Intensive Care Unit, jika ditranslasi ke Bahasa Indonesia akan menjadi Ruang Gawat Darurat. Jauh ya gengs. Tetapi pada dasarnya sama, ruangan ini digunakan untuk merawat pasian yang perlu perhatian intensif karena kondisinya yang gawat lagi darurat.

Ruang ICU (masimo.com)

5. WiFi

Sekarang ini zamannya internet. Dan semua orang berburu servis dari perangkat yang satu ini ketika mereka lagi bokek. Lantas apakah kalian tahu kepanjangan WiFi? Nggak ada internet-internetnya gengs, kerena kepanjangan WiFi adalah Wireless Fidelity artinya adalah teknologi jaringan tanpa kabel.

WiFi (blog.afrihost.com)