Deretan Stasiun Kereta Api Tertua di Indonesia, Pernah ke Sini Gak?

Ini lho deretan stasiun kereta api tertua di Indonesia. Kalian pernah ke sini gak?

Stasiun kereta api merupakan salah satu fasilitas kereta api. Di sana, kereta-kereta berhenti dan berangkat. 

Penumpang akan naik dan turun di stasiun dari dan menuju kota-kota lainnya. Tapi tau gak gengs, Indonesia tuh punya beberapa stasiun kereta api yang udah tua banget usianya.

Stasiun-stasiun itu gak terlihat tua karena perawatan yang baik. Siapa yang nyangka kalo stasiun-stasiun itu udah melayani penumpang kereta api sejak jaman kolonial Belanda dulu.

Nah, ini dia deretan stasiun kereta api tertua di Indoesia. Umurnya bahkan udah hampir satu setengah abad loh. Mana aja sih? Simak deh ulasannya.

#Stasiun Lempuyangan, Yogyakarta

Salah satu stasiun kereta api tertua di Indonesia adalah Stasiun Lempuyangan. Lokasinya berada di tengah kota. Sekitar 1 kilometer dari pusat kota dan stasiun kereta api utama di Yogyakarta.

Stasiun ini sudah beroperasi sejak tahun 1872 silam. Berarti usianya udah 147 tahun ya. Sampe sekarang, stasiun ini pun masih aktif melayani penumpang kereta api ke berbagai tujuan.

Stasiun ini awalnya dibangun pada masa kolonial Belanda untuk pengangkutan gula. Stasiun ini menjadi rute terakhir untuk rute Semarang-Solo-Yogyakarta.

Ini nih, salah satu stasiun kereta paling tua (heritage.kai.id)

#Stasiun Ambarawa, Jawa Tengah

Stasiun kereta api selanjutnya yang udah berumur di Indonesia adalah Stasiun Ambarawa. Letaknya gak jauh dari Semarang atau Salatiga. Stasiun ini juga berdiri sejak jaman penjajahan Belanda silam. Tepatnya pada tahun 1873.

Awalnya, stasiun ini bernama Stasiun Willem I yang diambil dari nama Raja Belanda saat itu. 

Stasiun ini emang udah gak beroperasi lagi sebagai pelayanan komersial. Tapi masih beroperasi untuk kebutuhan pariwisata. Bangunannya pun difungsikan sebagai museum.

Kereta api uap buatan Maschinenfabriek Esslingen masih beroperasi di sana. Pemandangan di sekitarnya bagus lho gengs.

Kira-kira beginilah Stasiun Ambarawa (sindonews.com)

#Stasiun Kedungjati, Jawa Tengah

Stasiun Kedungjati yang terletak di Kabupaten Grobogan, Jawa Tengah ini emang gak begitu dikenal secara luas. 

Padahal, stasiun kereta ini udah diresmikan sejak 1869 silam. Namun, stasiun ini baru mulai beroperasi pada 1873.

Stasiun ini tergolong stasiun kecil, karena hanya melayani 2 kereta dengan 3 tujuan pemberhentian aja. Stasiun ini menjadi penghubung menuju jalur Ambarawa. Namun jalur itu ditutup karena erupsi Gunung Merapi tahun 1972.

Kalo ini Stasiun Kedungjati tempo dulu (heritage.kai.id)

#Stasiun Solo Balapan, Jawa Tengah

Stasiun kereta api selanjutnya adalah Stasiun Solo Balapan. Letaknya di Kota Solo, Jawa Tengah. Stasiun ini diresmikan tahun 1873 silam.

Nama 'Balapan' pada stasiun itu diambil dari nama Kampung Balapan yang terletak tak jauh dari stasiun.

Stasiun ini termasuk yang terbesar dan melayani rute ke berbagai tujuan di Pulau Jawa. Kini, stasiun ini terhubung dengan Terminal Bus Tirtonadi. Kalian bisa mengaksesnya dengan melewati skybridge gengs.

Stasiun ini termasuk yang tertua juga di Indonesia (situsbudaya.id)

#Stasiun Surabaya Gubeng, Jawa Timur

Stasiun selanjutnya yang tertua di Indonesia adalah Stasiun Surabaya Gubeng. Letaknya di pusat Kota Surabaya, Jawa Timur. Stasiun ini berdiri dan diresmikan sejak 1878 silam.

Stasiun ini beroperasi sebagai salah satu stasiun paling timur di Pulau Jawa. Melayani keberangkatan dan kedatangan dari beberapa kota di Pulau Jawa. 

Bangunan lama stasiun ini telah mengalami beberapa renovasi. Mulai dari atap hingga lobi bangunan. Sekarang, bangunan lama stasiun ini telah ditetapkan sebagai bangunan cagar budaya oleh Pemkot Surabaya.

Kalo ini di Surabaya (goodnewsfromindonesia.id)

#Stasiun Surabaya Pasarturi, Jawa Timur

Stasiun selanjutnya adalah Stasiun Surabaya Pasarturi yang terletak di Kota Surabaya, Jawa Timur. Stasiun kereta api ini berdiri dan beroperasi sejak tahun 1900 gengs. 

Dulu, rute yang dilayani adalah Lamongan-Surabaya. Kini, rutenya jelas jauh lebih banyak ya, termasuk dari dan keluar kota juga.

Nama 'Pasarturi' diberikan karena dulu di sekitar stasiun itu terdapat pasar yang pedagangnya rata-rata berjualan bunga turi. Itu loh, bunga yang dijadikan lalapan sambal pecel.

Stasiun Surabaya Pasarturi juga nih (jawapos.com)

#Stasiun Pasar Senen, Jakarta

Stasiun Pasar Senen terletak di pusat ibu kota Jakarta. Stasiun ini dibangun tahun 1916 dan diresmikan pada 1925 silam. 

Stasiun ini termasuk salah satu yang tersibuk di Indonesia. Sampe sekarang masih melayani rute perjalanan kereta api di dalam dan ke luar kota.

Yang bikin unik, stasiun ini mengoperasikan lorong bawah tanah untuk para penumpang mengakses peron-peron di stasiun tersebut.

Jadi, apa kalian udah pernah berangkat atau tiba di stasiun-stasiun tersebut? Udah tua-tua loh usianya, dan bersejarah banget.

Stasiun Pasar Senen, masih sama kayak jaman dulu ya~ (tagar.id)