Metode WOOP, Efektif untuk Melenyapkan Rasa Malas Belajar

Biar gak malas belajar dan bisa meraih impianmu, pakai metode WOOP ini.

Berfikir positif adalah langkah awal yang baik untuk mewujudkan cita-cita. Bermula dari berfikir positif kamu bisa dengan lebih ringan melangkah danmerasa lebih optimis.

Tapi nyata berfikir positif yang berlebihan juga gak baik. Terlalu berfikir positif justru bikin kamu jadi malas. Kamu terlalu tenang dan santai dengan permasalahn yang ada dalam hidupmu. Berfikir bahwa semuanya akan berlalu dan baik-baik saja.

Jebakan pikiran positif yang sering tidak disadari banyak orang.

Supaya gak terjebak dengan pikiran malas ini kamu bisa langsung menghubug=ngkan dengan kenyataan yang ada. Kembali ke realita saat ini. Hal ini disebut dengan mental contrasting.

Dikutip dari Idntimes.com, salah satu cara untuk menerapkan mental contrasting ah dengan melakukan sebuah metode yang disebut WOOP.

Apa sih WOOP itu?

1. Wish

Pertama ada wish atau harapan kamu. Buatlah wishlist yag ingin kamu capai. Baik jangka pendek, menengah maupun jangka panjang. Pastikan itu adalah keinginan yang realistis ditimbang dari waktu perealisasian. Jangan membuat keinginan yang sebenarnya kamu sendiri tidak akan bisa mendapatkannya.

Harapan kamu apa? (tinyrayofsunshine.com)

2. Outcome

Kedua, saatnya berimajinasi. Bayangkan kamu berhasil mewujudkan apa yang kamu harapkan. Kamu harus tetap berpikir positif bahwa kamu mampu mewujudkan keinginanmu.

Imajinasi (wabisabilearning.com)

3. Obstacle

Setelah berfikir positif bahwa kamu bisa, saatnya kembali ke realita yang ada. Apa saja hambatan yang mungkin akan kamu hadapi, apa saja kemungkinan yang bisa membuatmu gagal.

Di tahap analisis ini selain kamu tahu langkah apa yang harus dilakukan, kamu juga tahu bahwa kamu harus berusaha menghadapi segala hambatan. Tidak cukup hanya berfikir positif saja.

4. Plan

Tahanp-tahap pelaksanaan dan hambatan itu kamu gunakan sebagai dasar untuk membuat rencana yang lengkap dan matang. Kalau perlu buat rencana A B C, jika gagak satu masih ada rencana cadangan.

Gimana? Sudah kebayang belum? Metode WOOP ini juga bisa diterapkan setiap kali kamu punya keinginan atau wish lain selain belajar lho!

Ternyata berfikir positif ada dampak negatifnya juga ya.

Buat rencana yang matang lalu jalankan (planit.com)