Sisi Negatif Introvert yang Kerap Menutup Diri dari Dunia Luar

Menutup diri dari dunia luar seperti seorang introvert ternyata mendatangkan sisi negatif. Apa saja kekurangan yang dimiliki mereka?

Kita semua tahu bahwa seorang introvert adalah orang yang menutup diri dari kehidupan luar. Introvert memang tergolong masalah psikologi yang kerap kita temui di sekitar kita. Walaupun tidak tergolong masalah yang serius.

Tetapi introvert bagaimanapun bisa mendatangkan banyak sisi negatif bahkan bagi orang yang mengalaminya. Di sini kita merangkum bebera masalah bersosialisasi yang kerap dialami oleh orang intorvert. Ya pesannya jangan terlalu cuek-cuek amat gengs.

1. Selalu ketinggalan informasi

Seorang introvert kerap menunjukkan sikap tidak peduli dengan kondisi sekitar. Nah sikap ini tentu dapat membuat mereka ketinggalan informasi. Orang introvert bisa sangat ketinggalan jauh hingga sulit untuk berkembang. Orang lain sudah banyak memiliki pengetahuan sedangkan introvert malah sibuk dengan dirinya sendiri.

Sisi negatif seorang introvert (insider.com)

2. Tidak ada semangat dalam hidup

Jika sudah ketinggalan seperti itu, orang introvert bisa semakin terpuruk dengan kehilangan semangat hidup. Dan akan sangat susah bagi orang luar untuk menularkan semangat dalam hidupmu. Oleh sebab itu, bersosialisasi sedikit demi sedikit bisa membawa sang introvert keluar dari masalah ini. Tinggalkan sikap cuek dan jalin pertemanan dengan banyak orang.

Sisi negatif seorang introvert (seedbed.com)

3. Mengerjakan sesuatu tidak pernah maksimal

Untuk menyelesaikan pekerjaan dengan maksimal, perlu adanya kerja sama dengan orang lain. Sikap introvert tentu akan membatasi kesempatan untuk berkolaborasi dengan orang lain. Dan parahnya semakin introvert mendapati pekerjaanya tidak maksimal, mereka akan semakin frustrasi. Introvert harus sadar ketika sudah memulai sesuatu, orang harus bertanggung jawab sampai akhir.

Sisi negatif seorang introvert (news24.com)

4. Jadi bahan pembicaraan orang

Sisi negatif yang kadang tidak disadari bagi seorang introvert adalah mereka akan menjadi buah bibir banyak orang. Tidak ada yang bisa berharap bahwa orang akan selalu bersikap baik kepada orang lain. Dan jika sudah demikian introvert akan semakin stres oleh tekanan orang disekitarnya. Coba mulai pahami apa yang mereka pikirkan tentang sikap introvert.

Sisi negatif seorang introvert (indiatimes.com)

5. Sulit beradaptasi dengan lingkungan baru

Ada kalanya introvert harus berpindah lingkungan karena suatu kondisi. Dan jika di tempat lama introvert sudah menemukan kenyamanan meski di tengah tekanan, ia akan kesusahan untuk membangun ruang nyaman lagi di tempat baru. Ada baiknya untuk belajar menerima bahwa kehidupan itu bergerak. Tak ada yang abadi kecuali gerakan itu sendiri.

Sisi negatif seorang introvert (imgur.com)