Berapa Sih Harga Lukisan "Politisi Simpanse"-nya Banksy?

Berapa sih harga lukisan 'politisi simpanse'-nya Banksy? Katanya mahal banget ya?

Kalian yang artsy artsy gitu, pasti tau deh nama Banksy. Jelas nggak banyak yang tau kayak gimana Banksy bekerja. Yang pasti, karyanya tiba-tiba muncul di sebuah tempat dan mencuri perhatian.

Misterius banget nih orang.

Tapi tau gak kalian? Meski selalu kontroversial, karya-karya Banksy puya harga selangit.

'Seniman jalanan' asal Inggris ini selalu mengangkat isu sosial. Itulah yang bikin karyanya jadi supermahal gengs. Salah satu karya yang mahal banget itu adalah "Devolved Parliament".

Buat yang belom tau nih, karya Banksy yang ini menggambarkan para politisi di House of Commons Inggris sebagai ... simpanse! Padahal itu kan parlemen Inggris ya.

Salah satu lukisan Banksy (gazzettadiparma.it)

Seperti dikutip dari The Guardian, lukisan setinggi 3,9 meter itu akan dijual di rumah lelang Sotheby's, London. Lukisan yang dibuat pada 2009 lalu ini menjadi salah satu karya terbesar Banksy di atas kanvas.

Jadi, seberapa mahal sih emang?

Harganya tentu gak main-main gengs. Balai lelang Sotheby's diprediksi akan menjualnya dnegan harga 1,9-2,5 juta dollar AS gengs! Itu berarti setara dengan Rp26,7-35,1 miliar. Ya ampun!

Lukisan Banksy "Devolved Parliament" (Twitter @bristolmuseum)

Ini emang baru prediksi sih. Tapi kalo beneran terjual dengan rentang harga segitu, ini jelas bakal jadi rekor tersendiri buat Banksy. 

Tahun 2008 lalu, karya seniman asal Bristol ini pernah laku seharga 1,9 juta dollar AS. Ya, Rp26,7 miliar tadi. Itu untuk karyanya yang berjudul "Keep It Spotless".

Nah, buat kalian yang tertarik dengan lukisan Banksy "Devolved Parliament" ini dan lagi berencana ke London, siap-siap deh. Kalian bisa melihat lukisan ini dipamerkan di Sotheby's mulai 28 September hinga 3 Oktober mendatang.

Lukisan ini diprediksi menyentuh puluhan miliar rupiah (Twitter @bristolmuseum)

Lihat sendiri deh gimana satirenya lukisan ini. Detail banget, dan sangat emosional banget.

Lukisan "Keep It Spotless" juga terjual mahal banget (avantiwallart.com.au)