Alat-Alat Doraemon yang Jadi Kenyataan

Tung-ting-tung-ting... Baling-Baling Bambuuu.... Tapi ada beneran.

Gaes, jangan ngaku futuristik kalo ga tau siapa Doraemon. Ya, dia adalah tokoh robot kucing karya Fujiko bersaudara. Di Jepang, Doraemon sendiri mulai populer tahun 80-an hingga 90-an.

Konon, robot ini berasal dari abad 22. Dia dikirim ke abad 21 pakai mesin waktu dan terdampar di rumah seorang anak laki-laki bernama Nobita.

Doraemon ini dibekali kantong ajaib yang bisa nyimpen sejumlah gadget ajaib. Pokoknya bisa nyimpen apa pun, terlebih alat-alat yang belom pernah diciptakan manusia di abad 21. Semua ada di kantong itu, termasuk untuk mendukung kegiatan yang belum mungkin dilakukan manusia saat ini.

Kalo sebelumnya alat-alat Doraemon cuman khayalan, sekarang pelan-pelan peralatannya mulai diciptakan. Kalo gitu, simak yuk peralatan Doraemon yang kini jadi nyata.

1. Baling-baling bambu

Ini gadget canggih Doraemon yang keliatannya biasa aja, tapi bisa nerbangin orang. Kalo di serial kartunnya, kita bisa liat, Doraemon cuman ngeluarin alat itu, ditempel di kepala, terus penggunanya bisa terbang deh.

Di dunia nyata, alat ini emang belom ada. Tapi yang mendekati ada dan dibuat oleh perusahaan asal Jepang, GEN Corporation. Namanya GEN H4.

Alat ini bisa nerbangin orang. Tapi cukup gede dan ga sesimpel baling-baling bambunya Doraemon. Bentuknya kayak helikopter mini. GEN H4 ini akan dipasarkan dengan harga 85.000 dollar AS. Mahal ya. Alat ini dibuat untuk memenuhi harapan penerbangan personal.

GEN H4, gadget yang dibuat seperti konsep baling-baling bambunya Doraemon. (youtube.com)

2. 'Konyaku' penerjemah

Doraemon pernah ngeluarin alat yang kalo diterjemahin ke bahasa Indonesia jadi 'Konyaku Penerjemah'. Alat ini digunakan Doraemon kalo bertualang sama temen-temennya ke negeri asing. Bentuknya adalah gel yang kalo dikunyah jadi paham banyak bahasa.

Saat ini, emang belom ada sih alat secanggih itu. Tapi kini, kita punya mesin penerjemah macem Google Translate. Dengan kecerdasan buatan (AI) dan jaringan internet, kita bisa menerjemahkan kata ke lebih dari 100 bahasa cuy. Ya jajal gih, udah pada tau kan?

Teknologi Google Translate (mashable.com)

3. Mesin pembaca mimpi

Alat supercanggih ini dikeluarkan Nobita saat doi nggak bisa tidur. Alat ini bisa ngintip deh tuh mimpi aja dan ditayangkan lewat sebuah layar. Gokil nggak tuh?

Di dunia nyata, seorang ilmuwan Amerika Serikat berhasil menciptakan mesin pembaca mimpi. Alat itu dikasih nama NeuroSky.

Hebat bener dah, mimpi juga bisa diliat orang. (youtube)

4. Jubah tembus pandang

Kalo di serial Doraemon, alat ini cuman kain putih. Tapi jangan salah, penggunanya atau benda yang diselimutin bisa nggak keliatan lho.

Nah, jubah ini pernah diwujudkan juga nih. Kalian tau nggak kalo jubah tak terlihat ini pernah diwujudkan sejak 2006 lalu? Serius, beneran ada. Yang bikin adalah tim ilmuwan dari Jepang dan Amerika Serikat.

Kini, jubah tembus pandang ini masih dalamtahap pengembangan. Menurut para ahli, jubah itu baru bisa sempurna sekitar 10 tahun mendatang.

Widih... kek hantu yes~ tapi canggih. (youtube)

5. Sarung tangan super

Sarung tangan ini bikin penggunanya jadi punya kekuatan super loh. Kekuatan seseorang bisa meningkat berkali-kali lipat.

Di kehidupan kita, sarung tangan ini memiliki fungsi serupa dengan exoskeleton. Bedanya, sarung tangan ini dipake pada bagian lengan doang. Kalo exoskeleton dipake di seluruh tubuh.

Untuk sekarang, alat ini juga masih dalam tahap pengembangan. Nantinya, alat ini bisa bikin ekuatan genggaman tangan jadi lebih kuat. Pengembangannya bakal merambah ke dunia militer dan medis.

Sarung tangan canggih bukan main. (asseenby.wordpress.com)

6. Satelit pribadi

Bukan ajudan pribadi ya, tapi satelit pribadi. Wagelasehhh, canggih banget ini mah. Dengan alat ini, Doraemon bisa memata-matain kegiatan orang. Kegiatan orang bisa diliat dari alat ini secara visual.

Nah, teknologi yang berdekatan dengan alat Doraemon ini adalah aplikasi Google, seperti Google Earth, Google Latitude, atau Google Maps.

Dengan teknologi yang dikembangkan Google ini, kita bisa bener-bener, literally, harfiah, ngeliat dunia! Apalagi Google Latitude, meski ga bisa ngeliat kegiatan orang secara real-time.

Punya satelit pribadi enak kali ya~ bisa ngepoin orang sepuasnya~ (tipswisatamurah.com)

7. Ensiklopedia serba tahu

Alat canggih lain milik Doraemon yang siap memanjakan hidup Nobita adalah 'Ensiklopedia Serba Tahu'. Dengan alat ini, Nobita nggak bakal lagi kesulitan ngerjain PR-nya.

Dalam kehidupan kita, Ensiklopedia Serba Tahu ini sebelas-dua belas lah sama teknologi-teknologinya Google juga. Ya, kalo kamu biasa "gugling" sesuatu, kamu berarti kayak lagi dibantuin Doraemon.

Kamu bisa baca berbagai artikel atau ulasan menarik, termasuk dari Paragram nih gaes, hehehe. Tentang apa aja, Google Search punya kok. Asal kalian hargain tulisan itu, pokoknya jangan copy-paste ya!


Selain alat-alat di atas, emang masih banyak sih alat-alat Doraemon lainnya yang belom dibahas. Jadi, kalo kalian ada ide atau buat nambah-nambahin tulisan, kalian bisa dong komentar di bawah. Oke.

Ensiklopedia serba tahu versi jaman kita mah Google Search aja (lifewire.com)