Biar Kalian Tau, Ini Dia Fakta-fakta tentang Gempa Bumi

Gempa bumi merupakan bencana alam yang tak bisa diprediksi. Bumi akan berkuncang hebat seketika dan sejarah telah mencatatnya berulang kali.

Gempa bumi merupakan salah satu bencana alam yang tidak dapat diprediksi kedatangannya. Bukan cuma tak terprediksi, gempa juga disebut-sebut sebagai bencana alam paling merusak. Kerusakan yang timbul karenanya sudah ditakuti sejak awal mula sejarah peradaban manusia.

Oleh sebab itu, kali ini kita akan membahas fakta-fakta tentang gempa yang terjadi sejauh ini. Tentu agar kita lebih waspada dan jadi lebih tahu tentang bencana gempa bumi.

1. Jepang dikenal cukup akrab dengan bencana gempa bumi. Dan, Yakuza, sindikat kejahatan terorganisir terbesar di Jepang justru lebih cepat menyediakan bantuan berupa makanan, air bersih, selimut, popok, dan lain-lain. Yakuza menyalurkan bantuan lebih cepat ketimbang Pemerintah Jepang pada Gempa Kobe 1995, dan Gempa Tohoku 2011 lalu.

2. Gempa bumi paling kuat yang pernah tercatat dalam sejarah Amerika Serikat (AS) adalah Gempa New Madrid pada 1811-1812 silam. Saking kuatnya, gempa ini membalik aliran Sungai Mississippi, membunyikan lonceng gereja di Boston, serta memecahkan trotoar di Washington DC.

3. Gempa bumi dapat mengubah panjang sebuah hari secara permanen. Misalnya, gempa berkekuatan 8,9 SR yang mengguncang Jepang dapat mempercepat perputaran Bumi. Gempa itu juga memperpendek panjang 2 jam sehari sebesar 1,8 mikrodetik. Gempa Aceh 2004 silam juga memperpendek hari di Bumi sebesar 2,68 mikrodetik.

Gempa Tohoku 2011 silam, diikuti gelombang tsunami yang menghantam pantai timur Jepang. (kathimerini.gr)

4. Ethiopia pernah menyumbangkan bantuan sebesar 5.000 dollar AS kepada korban Gempa Meksiko. Bantuan ini diberikan mengingat Meksiko menjadi pendukung Ethiopia saat Italia menginvasi tanah Ethiopia pada 1935.

5. Gedung CTV yang ambruk pada Gempa Christchurch 2011 lalu diawasi oleh seorang yang memalsukan gelar insinyurnya. Akibatnya, 115 orang meninggal dunia. Orang itu adalah Gerald Shirtcliff yang mencuri identitas seorang pensiunan insinyur yang berbasis di Inggris, William Fisher.

6. Gempa terbesar pernah tercatat di Hawaii pada 2 April 1868 silam dengan magnitudo 7,9 SR. Gempa itu juga memicu gelombang tsunami setinggi 12-15 meter.

Gempa bumi adalah bencana yang belum pernah dapat diprediksi kedatangannya. (news.sky.com)

7. Dalam Gempa San Francisco 1906 silam yang parah, tiga orang ditangkap di atap sebuah hotel yang terbakar. Penangkapan itu terjadi lantaran seorang perwira militer memerintahkan anak buahnya untuk menembaki korban yang masih hidup namun terjebak di dalam bangunan.

8. Sekitar lima ribu siswa tewas dalam Gempa Sichuan pada 2008 lalu. Para pelajar tewas karena ratusan sekolah ambruk dalam gempa tersebut. Ironisnya, pihak berwenang justru menahan para orangtua yang memprotes kematian anak-anak mereka, alih-alih melakukan penyelidikan terhadap perusahaan yang bertanggung jawab.

9. Karyawan Microsoft tetap bekerja saat gempa bumi terjadi pada 2001 lalu. Mereka tetap bekerja meski alarm dan lampu bahaya menyala. Setidaknya, sampai mereka menerima pesan di layar yang menyebutkan "Alarms going off! Please evacuate the building! Have a Wonderful Day!"

Bencana gempa bumi di San Francisco, AS, tahun 1906. (abc7news.com)

10. Masyarakat Inca jaman dulu telah membuat arsitektur yang tahan gempa. Demikian, bangunan di Inca efektif menahan tremor yang besar sekalipun.

11. Gempa Shaanxi pada 1556 silam dianggap sebagai bencana alam terbesar dan paling mematikan dalam sejarah peradaban manusia. Gempa itu menewaskan sekitar 830 ribu jiwa. Gempa sebesar 8 SR itu terjadi di pagi hari.

12. Alaska, negara bagian terutara dan terluas di AS juga pernah dilanda gempa bumi. Tepatnya pada 1964 dengan getaran yang cukup kencang. Saking besarnya, gempa ini berada di level ekstrem dan meningkatkan ketinggian air di Australia dan Afrika.

Struktur bangunan masyarakat Inca di Machu Picchu, Peru. (bbc.com)

13. Gempa berkekuatan 8 SR pernah melanda Kota Meksiko pada 1985 lalu. Setelah gempa itu, hampir semua bayi yang baru lahir selamat dari rumah sakit yang roboh. Mereka kemudian dikenal sebagai 'Miracle Babies' karena dapat bertahan hingga seminggu tanpa makanan, air, kehangatan, maupun kontak dengan manusia.

14. Masyarakat Tiongkok jaman dulu telah membuat seismograf. Persisnya pada tahun 132 SM dengan perangkat serupa 8 naga bola yang memegang 8 bola di atas 8 mulut katak. Semuanya terbuat dari logam. Jika tanah bergetar, naga-naga tadi akan menjatuhkan bola yang digenggam ke mulut katak yang sesuai.

15. Masjid Baiturrahman di Banda Aceh, Aceh, menjadi satu-satunya masjid yang selamat dari terjangan gempa dan gelombang tsunami. Gempa yang mengguncang Aceh diiringi gelombang dahsyat tsunami pada 2004 lalu tercatat sebagai salah satu bencana alam terdahsyat di Indonesia.

Seismograf kuno yang dibuat tahun 132 Sebelum Masehi di Tiongkok. (china.org.cn)