Bakar Kalori Mesti Fitnes? Enggak, Nih Olahraga Sehat di Tempat Kerja

Olahraga nggak mesti ke tempat fitnes kok. Sambil duduk di meja kerja juga bisa. Simak deh caranya.

Olahraga bermanfaat untuk membakar kalori, meningkatkan daya tahan tubuh dan mengeluarkan racun. Kalo kesibukan di kantor cukup padat dan sering lembur. Nggak perlu khawatir. 

Pada intinya, olahraga adalah menggerakkan badan. Nggak masalah dimanapun tempatnya. Jadi, nggak papa kalo absen ke tempat fitnes. Ini olahraga sehat yang bisa dilakukan di tempat kerja. 

1. Berjalan

Berjalan adalah olahraga sehat yang paling mudah. Beberapa titik yang bisa dijangkau. Misalnya, toilet, pantry, tempat parkir kendaraan, kantin. Dengan berjalan menjangkau dua dari empat tempat tersebut. Maka kamu sudah melakukan orangraga sehat. 

Terlebih, jika memungkinkan berjalan dari tempat tinggal sampai tempat kerja. Atau, jika punya kesempatan, cari aja tempat parkir yang paling memberi kesempatan untuk berjalan.

Philcare.com

2. Meregangkan leher

Terlalu fokus didepan komputer atau meja kerja membuat leher tegang. Coba gerakkan leher keatas dan kebawah, bergantian. Kemudian putar kepala searah jarum jam dan berlawanan arah jarum jam. Disetengah putarannya ambil nafas dan setengah sisanya buang nafas. 

Olahraga sehat ini cukup sederhana. Ini juga akan membuat lebih rileks. 

Bodybuilding.com

3. Latihan angkat beban atau hand grip

Latihan angkat beban atau hand grip bisa dilakukan di depan meja kerja. Bisa juga dilakukan sambil duduk dan membaca berkas. Cara ini sangat bisa dilakukan di tempat kerja. Nggak harus mengangkat barbel. Bisa dengan meniapkan botol minuman 1 liter yang diisi penuh. 

Blogspot/@nahunfrett.

4. Gerakan-gerakan kecil

Gerakan-gerakan kecil seperti mengetuk-ngetukkan kaki dan tangan, melilit-lilitkan rambut bisa membakar kalori. 

Jika memungkinkan lakukan peregangan kaki. Seperti, biarkan jemari kaki menjadi tumpuan saat duduk. Kemudian sebaliknya, tumit menjadi tumpuan. Dan angkat jemari kaki keatas. Gerakan ini akan mengencangkan otot paha. Tentu saja membakar lemak. 

Gerakan seperti orang gelisah akan banyak membakar kalori juga. Seperti menggerakkan anggota tubuh saat bicara. 

Bestlifeonline.com

5. Berdiri

Sesekali berdiri saat berkerja. Didepan meja kerja sambil membaca berkas nggak akan ditegur olah rekan kerja atau bos kok. 

Glassdoor.com

6. Gerakan diatas kursi

Gerakan pertama diatas kursi kerja adalah memutar pinggang. Duduk di kursi dengan tegak. Lalu putar tubuh ke kanan dan kiri. Pakai hitungan secukupnya. 

Gerakan kedua, angkat bobot tubuh ketika duduk. Letakkan tangan di pangkal kursi. Tekuk lutut dan biarkan tubuh bertumpu pada kedua tangan. Jika mampu, angkat juga lutut keatas. Tahan posisi hinga hitungan 5-7 detik. Bisa diulangi beberapa kali.

Gerakan ketiga, berlari diatas kursi. Duduk diatas kursi, kemudian luruskan sala satu kaki. Angkat satu kaki yang lain. Arahkan lutut menuju dada. Tangan mengimbangi gerakan 'berlari' tersebut. Lakukan beberapa kali, semampunya. 

journal.sociolla.com

7. Duduk tegak

Duduk tegak ini dapat membentuk postur tubuh. Mudah sekali untuk melakukannya. Hanya duduk tegak diatas kursi. Kemudian tarik perut kedalam dan tegakkan bahu. 

Olahraga sehat di tempat kerja itu sederhana. Terbiasa melakukannya dapat membantu memperbaiki kesehatan. 

netz.id