Nih Lagu-Lagu K-Pop yang Tahun Ini Usianya Genap Sedekade

Ini dia, deretan lagu K-Pop yang tahun ini usianya genap sedekade. Kalo anak kecil, udah kelas berapa SD nih?

Ngomong soal K-Pop, ada yang masih inget gak lagu-lagu yang populer tahun 2009 lalu? Ada banyak sih, tapi kenapa 2009? Ya, karena tahun itu bisa dibilang sebagai era keemasan industri K-Pop.

Banyak grup musik, mulai dari girlband maupun boyband, membawakan lagu yang masih kita kenal sampe sekarang. Mereka berlomba-lomba menampilkan dance yang enerjik, penampilan yang menarik, serta olah vokal yang ciamik.

Era emas itu juga sejalan dengan penyebaran Hallyu Wave yang turut dirasakan di beberapa negara Asia. Jadi gak heran deh kalo mereka cepat banget menapaki tangga kesuksesan di Asia dan dunia internasional.

Kini, gak kerasa ya udah sepuluh tahun aja semenjak mereka membawakan lagu-lagu populer itu tahun 2009 lalu. Lagu-lagu itu masih eksis sampe sekarang. Ibaratnya anak kecil, pasti udah SD dan lagi bandel-bandelnya nih.

Dikutip dari Kumparan, simak deh deretan lagu K-Pop yang tahun ini usianya genap sedekade.

Super Junior (whatthekpop.com)

1. Super Junior: "Sorry Sorry"

Kayaknya nyaris gak ada yang gak tau sama lagu "Sorry Sorry"-nya SuJu atau Super Junior ini. Lagu ini dirilis pada Maret 2009 silam dan disebut-sebut sebagai salah satu lagu yang membuka gerbang penyebaran K-Pop di Asia.

Di Indonesia, lagu ini amat digandrungi, termasuk mereka yang tadinya gak suka musik-musik K-Pop loh. 

Boyband yang beranggotakan belasan cowok ganteng ini berhasil menyihir fansnya dengan koreografi yang enerjik. Buat yang kangen aksi SuJu, tonton aja video musiknya.

2. SNSD: "Gee"

Nah, kalo ini mah legendaris banget gengs. Mosok iya kalian gak tau lagu "Gee" yang heboh banget begitu dirilis pada Januari 2009 lalu?

Lagu ini tergolong yang paling sukses di masyarakat Korea dan dunia. Bahkan, nama Girls Generation kian melambung setelah lagu ini.

Ya gimana gak heboh, video musik "Gee" tampil ceria dan nyentrik banget. Semua member-nya tampil centil, enerjik, dengan kostum warna-warni yang GMZ banget.

Tonton lagi gih video musiknya.

3. SHINee: "Ring Ding Dong"

Nah, boyband yang satu ini juga bikin gempar dunia nih dengan lagu mereka yang berjudul "Ring Ding Dong". Boyband besutan SM Entertainment ini sempat merajai chart musik Korea setelah lagu itu dirilis pada Oktober 2009 lalu.

9 tahun setelah lagu itu dirilis, video musik "Ring Ding Dong" ini berhasil juga menyentuh angka 100 juta penonton. Dan ini menjadi video musik pertama milik SHINee yang berhasil diputar dengan angka penonton sebanyak itu.

Pantengin lagi deh video musiknya, sambil nyanyi-nyanyi juga ya, "ring ding dong, ring ding dong, digiding digiding digiding ...."

4. 2NE1: "Fire"

K-Popers juga pasti gak bakal lupa nih sama lagu "Fire" milik girlband 2NE1. Dibacanya 'to anyone' gitu ya, jangan lupa, hehehe.

Lagu ini disebut-sebut sebagai salah satu lagu terbaik girlband K-Pop, dan hits banget waktu itu. Sampe sekarang juga masih asik kok didenger karena kombinasi musik hip-hop dan reggae.

"Fire" dirilis dalam dua versi, 'space version' dan 'street version'. Yang 'space version' dirilis 17 Agustus 2009 gengs. Karena video musik ini, nama-nama seperti CL, Dara, Minzy, dan Park Bom kian melambung deh.

Video musik ini juga ditujukan sebagai perkenalan identitas 2NE1 sebagai pendatang baru kala itu. Gak nyangka mereka udah legendaris banget sekarang, meski udah bubar sih.

5. 4Minute: "Hot Issue"

Video musik "Hot Issue" dirilis pada Agustus 2009. Lagu ini dibawakan oleh girlband fenomenal 4Minute dengan dance yang asik dan pernak-pernik warna-warni yang ceria.

"Hot Issue" sendiri merupakan salah satu lagu dalam album debut 4Minute yang bertajuk "For Muzik". Lagu ini sendiri menceritakan kepercayaan diri para member-nya seperti Hyuna, Jiyoon, Sohyun, Gayoon, dan Jihyun.

"Hot Issue" juga ikut jadi tren musik sepuluh tahun yang lalu. Sampe sekarang juga masih disukain banyak orang kok lagunya. Simak dulu dong video musiknya.

6. KARA: "Mister"

Wah, kalo KARA mah gak bisa di-skip gengs! Apalagi untuk video musik lagunya yang satu ini. Goyangan pinggulnya itu loh yang bikin para cowok melotot mantengin, hahaha.

Video musiknya dirilis pada Agustus 2009 juga. Genre yang diusung adalah dance-pop yang bikin para pendengarnya jadi pengen goyang pinggul juga nih.

KARA emang udah bubar sekarang, tapi video musik mereka di jaman itu memorable banget. Nah, buat yang kangen dengan goyangan pinggul mereka, simak deh video klipnya.

7. T-Ara: "Bo peep Bo peep"

Kalo T-Ara selalu tampil dengan melodi yang adiktif serta gerakan yang unik. Kita jadi terus-terusan pengen dengerin lagu itu, nagih banget gengs!

Salah satu hits-nya ya "Bo peep Bo peep" itu. Lagu ini sempat menduduki posisi pertama chart musik mingguan di Korea dan Oricon di Jepang. 

Udah gitu, lagu ini juga berhasil meraih posisi pertama di Billboard Japan Hot 100 dan single-nya terjual lebih dari 91 ribu kopi loh.

Kuy lah dengerin musiknya dan ikutan goyang juga. Asik dance-nya.

8. Brown Eyed Girls: "Abracadabra"

Semenjak dirilis pada Juli 2009 lalu, "Abracadabra" boleh disebut sebagai lagu paling populer milik girlband Brown Eyed Girls.

Video musiknya mengusung konsep bold fierce dan seksi. Dan lagu ini cepat mencuri perhatian karena irama-irama yang ceria serta gerakan-gerakan seksi dari para member-nya.

Kala itu, lagu ini begitu digemari siapa aja, gak laki-laki gak perempuan, semua sukak! Lagu ini juga sempat di-cover sama boyband lain seperti 2AM dan 2PM. Kece sih emang~

9. BIGBANG & 2NE1: "LOLLIPOP"

Lagu ini dinyanyikan dua grup sekaligus, BIGBANG dan 2NE1. Keduanya adalah grup band bentukan YG Entertainment, yang kalo sekarang punya BLACKPINK atau WINNER.

"LOLLIPOP" dirilis pada Mei 2009 dan sempet heboh juga di tahun itu karena lagunya asik dan masuk dalam kategori kolaborasi terbaik deh.

Buat yang kangen sama lagu ini, monggo ... dipantengin ya aksi kolaborasi BIGBANG dan 2NE1 yang kece banget. Hehehe.