Malu Karena Mendadak Bau Kaki? Gini Cara Mengatasinya!

Atasin bau kaki dengan cara berikut ini, semua bisa dilakukan di rumah dan mudah kok.

Selain bau mulut dan ketiak, yang nggak kalah ganggunya juga adalah bau kaki. Wow, kebayang nggak sih kalau kakimu jadi menimbulkan bau yang nggak sedap dan sampai orang lain ikut mencium aromanya? Bisa malu setengah mati tuh kamu! Biar baunya nggak terus-terusan ngikutin kamu, coba atasin pakai cara berikut ini yuk!

Merendam kaki

Pertama-tama, kamu bisa manfaatin bahan alami buat bikin air rendaman. Ini termasuk air yang dicampur garam, perasan lemon, cuka, baking soda, teh, obat kumur, dan kopi. Coba deh merendam kopi dengan bahan-bahan tersebut, bisa secara bergantian ya tiap harinya biar kakimu bebas bakteri yang bikin kaki jadi bau nggak enak. 

Pakai

Bedanya dengan deodoran, antiperspirant fungsinya bukan cuma ngilangin bau tapi bisa bantu mengendalikan keringat dan membasmi bakteri penyebab bau badan. Kamu bisa pakai antiperspirant setiap hari sebelum pakai sepatu. Pilihan lain adalah pakai foot spray yang bisa dibeli di supermarket buat ngilangin bau kaki. Kamu bisa bawa ini ke mana-mana buat semprot ulang sekaligus mencegah baunya menyebar.

Bau kaki bikin malu (ahchealthenews.com)

Rutin ganti kaos kaki

Terutama kalau kakimu gampang keringetan, sebaiknya ganti kaos kaki setiap hari, gengs. Bahkan, bisa dua kali dalam sehari kalau siang-siang kamu ngerasa kaos kaki udah basah keringetan waktu pakai sepatu tertutup. Kalau nggak diganti, bikin kaki jadi lembap dan nantinya menyebabkan bau. Kalau bisa juga pilih kaos kaki dengan bahan katun karena bisa lebih menyerap keringat dengan baik. 

Ganti sepatu

Jangan pakai sepatu yang sama setiap hari demi mencegah bau kaki. Sadar nggak sih kalau tiap pake sepatu, keringet kita bisa aja nempel di sepatu. Makanya, untuk mencegah kaki jadi bau, lebih baik buat selalu ganti sepatu. Waktu sepatu hari ini abis dipakai, besok bisa ditaruh di luar ruangan untuk diangin-anginkan, besoknya boleh dipakai lagi. Pastikan sepatu juga dalam keadaan bersih ya. Kalau habis kehujanan, mending tunggu sampai kering sempurna di bawah matahari ya.

Eksfoliasi 

Perawatan yang harus rutin kamu lakukan adalah eskfoliasi kulit kaki. Bisa pakai produk scrub yang dijual di pasaran atau bikin scrub sendiri dari kopi. Ini bisa dilakukan setiap seminggu sekali buat mengangkat sel kulit mati dan bikin kaki jadi lebih bersih karena sekaligus ngilangin kotoran yang nempel.

Scrub kaki (mnn.com)