Gimana Sih Cara Burung Beo Tiru Suara Manusia?

Meski burung beo kadang-kadang suka resek, gimana ya cara mereka tiru suara manusia?

Gimana sih cara burung beo meniru suara manusia? Sejauh ini emang banyak banget yang mempertanyakan kecerdasan burung yang satu ini. Soalnya, mereka bisa meniru suara kita atau apa yang kita katakan pada mereka.

Soal ini, para ilmuwan akhirnya mengetahui rahasia di balik kemampuan burung beo tersebut. Menurut para ahli, semua itu disebabkan oleh struktur otak burung beo yang berbeda dengan otak burung penyanyi lainnya.

"Temuan ini akan membuka jalan besar untuk studi tentang burung beo dalam memahami bagaimana mereka memproses informasi dan menyalin suara manusia," kata Dr. Mukta Chakraborty dan Duke University, seperti dikutip dari Kompas.com.

Burung beo merupakan satu dari sedikit binatang yang dianggap sebagai ahli peniru suara. Kemampuan mereka dalam meniru suara pun jauh lebih baik ketimbang burung-burung lainnya.

Burung beo, kok bisa niruin suara manusia ya? (jalaksuren.net)

Sebuah studi yang dipublikasikan dalam jurnal PLOS ONE menemukan bahwa otak burun beo memiliki struktur berbeda dari burung lainnya. Burung kolibri misalnya. Burung beo memiliki bagian otak yang mampu mengendalikan pembelajaran vokal bernama core, burung beo juga memiliki sesuatu yang dinamai "cangkang", termasuk cincin luar yang berguna untuk pembelajaran suara.

"Cangkang" itu berukuran relatif besar. Berkat cangkang itu, beo pun bisa menirukan suara manusia.

Dalam studi tersebut, para ilmuwan memeriksa otak delapan spesies burung nuri, termasuk conure, cocktiel, dua spesies burung kakatua amazon, macaw biru dan emas, kea, dan burung beo afrika.

Para ahli kemudian mencari penanda gen spesifik pada burung dan manusia yang digunakan untuk mempelajari lagu. Mereka kemudian membandingkan pola ekspresi gen pada otak kedelapan burung tadi dengan penelusuran saraf.

Mereka bisa dilatih kok, jadi bisa niruin suara apa aja (hipwee.com)

Asumsinya, daerah di sekitar inti otak nggak ada hubungannya dengan pembelajaran vokal. Meski begitu, temuan ini mendukung hipotesis tim bahwa manusia dan hewan peniru suara mampu mempelajari lagu karena duplikasi jalur otak.

Ini terjadi karena sebagian besar wilayah otak untuk mempelajari suara pada burung terselip di daerah yang juga mengontrol gerakan. Daerah ini juga menunjukkan beberapa pola khusus ekspresi gen.

Kemampuan otak mereka jauh lebih baik dari burung lain (pixabay.com)

"Dibutuhkan kekuatan otak yang signifikan untuk memproses informasi pendengaran dan menghasilkan gerakan yang diperlukan untuk meniru suara spesies lain," kata Dr. Chakraborty.

Setidaknya, inilah yang mungkin menjelaskan kenapa burung beo juga bisa belajar menari dengan musik.

Mereka emang dianugerahi kemampuan khusus macam itu gengs (wallpaperup.com)