Makanan untuk Bayi 10 Bulan agar Nutrisinya Selalu Terjaga

Untuk pertumbuhannya, bayi membutuhkan asupan nutrisi yang terjaga dengan baik. Berikut ini adalah makanan untuk bayi 10 bulan yang paling direkomendasikan para ahli gizi.

Bayi yang baru berusia 10 bulan membutuhkan banyak nutrisi untuk tumbuh berkembang. Selain asi dari sang ibu, bayi sudah bisa mengkonsumsi beberapa jenis makanan. Namun perlu diperhatikan makanan apa saja yang bisa mereka konsumsi. 

Yuk kita simak beberapa jenis makanan dan minuman yang direkomendasikan oleh ahli gizi untuk bayi berusia 10 bulan. Ini dia makanan untuk bayi 10 bulan:

1. Milkshake

Mencampur susu bayi dengan buah-buahan dapat memperkaya nutrisi yang dikonsumsi bayi. Ibu bisa menggunakan pisang, strawberry atau blueberry untuk campuran milkshake. Jangan tambahkan gula sama sekali, sehingga bayi dapat merasakan rasa manis alami dari buah-buahan.

Milkshake (foodnetwork.com)

2. Kacang-kacangan

Kacang-kacangan penuh dengan protein dan vitamin yang membantu bayi untuk tumbuh lebih kuat. Kebanyakan anak-anak belum memiliki gigi yang sempurna pada usia 10 bulan sehingga mereka tidak bisa mengunyah sesuatu yang keras seperti kacang. Jadi, gilinglah kacang-kacangan menjadi lebih halus dan campurkan sesendok ke dalam yoghurt.

Kacang-kacangan (sincerelynuts.com)

3. Ubi

Ubi memiliki tekstur yang sangat lembut saat dihaluskan. Plus, ubi sangatlah lezat, terutama ketika dipasangkan dengan wortel. Ibu bisa memotong ubi dan wortel menjadi potongan-potongan kecil, kemudian kukus sampai lembut. Blenderlah bersama-sama sebelum disajikan.

Ubi (jawapos.com)

4. Tahu

Tahu dibuat dari susu kedelai dan memiliki kandungan kalsium dan zat besi. Tahu juga merupakan sumber protein yang baik untuk menambah asupan nutrisi bayi. Mengolah tahu jangan digoreng, cukup dikukus lalu lumatkan dengan sayur atau daging giling.

Tahu (splendidtable.org)

5. Sup Tomat

Untuk memberi bayi sup tomat, cukup rebus beberapa tomat matang yang berwarna merah dan haluskan dengan blender. Saring hasilnya dengan menggunakan sedikit air untuk memisahkan biji dan kulitnya. Rebus ekstrak tomat ini dengan sedikit garam dan merica. Tambahkan beberapa lembar daun kemangi dan didihkan selama beberapa menit. Sajikan selagi hangat.

Sup tomat (diabetesfoodhub.org)

6. Puding Nasi

Nasi biasanya diberikan sebagai makanan pertama bagi bayi, karena beras rasanya manis dan mudah dicerna. Tetapi karena sistem pencernaan bayi masih lemah, sebaiknya nasi dibuat menjadi puding yang lembut. Masaklah satu cangkir beras bersama 2,5 cangkir susu. 

Saat nasi sudah bertekstur lembut, tumbuk sedikit dengan punggung sendok. Jangan tumbuk langsung semuanya. Untuk menambah rasa, ibu bisa menambahkan lagi sedikit susu. Tambahkan gula secukupnya dan sejumput bubuk kapulaga. Sajikan untuk bayi ketika puding beras berangsur mendingin.

Puding nasi (realhousemoms.com)

7. Pancake

Bayi dapat diberi pancake karena teksturnya yang lembut. Pasangkan dengan bubur buah-buahan agar semakin menarik hati bayi. Bubur strawberry atau bubur mangga sangat cocok sebagai pasangan pancake. Potong pancake menjadi potongan-potongan kecil dan tuangkan bubur buah di atasnya.

Pancake untuk bayi (bettycrocker.com)

8. Sup Apel & Ubi Jalar

Apel adalah makanan ideal untuk bayi berusia 10 bulan. Apel dan ubi jalar bisa dimasak bersama-sama untuk membuat sup yang lezat. Caranya ambil 3-4 buah apel, didihkan dalam panci, kemudian tiriskan. Lelehkan mentega tawar dalam panci terpisah dan campurkan tepung terigu, aduk dan masak sampai warnanya berubah menjadi coklat. Tuangkan kaldu perlahan sambil terus diaduk, kemudian tuangkan saus apel, ubi jalar, kayu manis dan jahe. Didihkan dan masak selama 5 menit.

Berikut tadi adalah minuman dan makanan untuk bayi 10 bulan. Kreasi di atas tentu sangat mudah membuatnya. Meski sederhana, dijamin asupan gizi dan nutrisi bayi akan tetap terjaga. Selamat mencoba! Semoga ibu dan bayi sehat selalu!

Sup Apel (wellplated.com)