Siapa Bilang Pria Tak Mengalami PMS, Berikut Penjelasannya!

Istilah PMS atau premenstrual syndrome kerap kali diderita oleh perempuan yang di masa menjelang haid, tapi ternyata tak hanya perempuan saja yang mengalami lho. Pria juga bisa!

Selama ini yang umum di kalangan masyarakat adalah perempuan yang mengalami PMS (premenstrual syndrome), gejala PMS akan dirasakan oleh perempuan saat-saat menjelang ia menstruasi. Hal ini akan menyebabkan ketidakstabilan pada emosi dan terjadi perubahan mood serta perasaan pada perempuan. 

Ternyata bukan hanya perempuan saja yang mengalami PMS, pria juga pernah mengalaminya. Namun, namanya berbeda, yaitu IMS atau Irritable Male Syndrome.

Seperti yang dilansir dari Seventeen.com, IMS pada pria terjadi saat mereka mengalami penurunan pada hormon tesrosteron, IMS dapat terjadi kapan saja. Namun, ada waktu-waktu yang bisa diamati lho, seperti saat pagi hari maka kadar testosteron akan meningkat dan mencapai titik tertinggi, pada siang hari hormon ini akan naik turun dan pada malam hari cenderung akan menurun.

Terdapat beberapa faktor yang menyebabkan hormon testosteron menurun, yaitu karena akibat diet yang tak sehat dan stres

Nah, IMS pada pria cenderung memiliki gejala yang sama dengan perempuan. Yaitu, menurunnya mood dan menjadikan pria murung.

Buat kamu yang menghadapi kekasih atau teman yang sedang mengalami IMS, jangan panik... Cukup jadilah tempat berbicara dan mendengar yang baik.

Buatlah pria tersebut senyaman mungkin. Seperti saat mereka memperlakukan kamu saat kamu mengalami PMS girls!

Pria sedang dipeluk (pancarkanpesonamu.com)