Tips Agar Siomay Tidak Keras, Dijamin Enak dan Nagih

Tips agar siomay tidak keras memang gampang-gampang susah. Perlu trik-trik sendiri agar siomay yang kita bikin semakin memiliki tekstur yang kenyal. Apa saja sih tipsnya? Berikut ulasannya.

Tips agar siomay tidak keras dan pastinya mudah dimakan, bisa kamu aplikasikan dengan mudah dan efisien. Bikin siomay memang membutuhkan langkah yang sesuai. Karena kalo asal-asalan bikin, yang ada malahan keras dan rasanya nggak enak gengs. 

Nah, emangnya apa saja sih tips agar siomay yang kita bikin nggak keras. Berikut tips agar siomay tidak keras, cekidot!

1. Pakailah ikan tenggiri atau belida

Nah tips agar siomay tidak keras dan terasa enak yang pertama adalah memakai jenis ikan yang lengket gengs. Misalnya ikan tenggiri atau ikan belida. Tak hanya ikan ini saja, namun kamu bisa mengombinasikan ikan tenggiri dengan bahan lainnya, seperti daging ayam, sapi dan lain sebagainya. Ikan dan daging harap dihaluskan dengan bumbu lain yaa....

Ikan tenggiri (bukalapak.com)

2. Simpanlah ikan selama satu malam di dalam kulkas

Setelah kamu mencampur ikan dengan bahan lain, maka ulenilah agak lama. Nah, pengulenan disertai suhu yang dingin, bisa bikin siomay-mu jadi kenyal dan gurih lho.

Menyimpan ikan di kulkas (cookingwsheila.com)

3. Tambahkanlah udang biar ada renyah-renyahnya gitu

Tips agar siomay tidak keras selanjutnya adalah dengan mencampur udang, biar ada tekstur renyahnya. Pilihlah udang pancet yang renyah. Tak perlu dihaluskan, kamu cukup mencincang udang dengan cara manual.

Udang (resepkoki.id)

4. Masukkan tepung

Tips agar siomay tidak keras berikutnya adalah dengan memasukkan tepung. Ingat, sebaiknya masukkan tepung saat daging sudah diuleni dengan bahan lain. Kamu bisa memakai tepung sagu, terigu ataupun hunkwe.

Yang mesti dicatat, saat tepung telah masuk, adonan sudah tak boleh diaduk atau dibanting-banting dan cukup hanya diaduk sampai rata aja yaa....

Tepung untuk membuat siomay (alibaba.com)

5. Bungkus adonan

Tips agar siomay tidak keras yang terakhir adalah dengan membungkus adonan atau membentuknya dengan memakai sendok. Setelah itu, matangkan dengan cara dikukus ya gengs.

Kamu juga bisa memasukan adonan siomay ke dalam tahu, pare, kol atau kentang lho.

Nah, itu dia tips agar siomay tidak keras dan memiliki tekstur yang super kenyal. Dijamin deh, tak akan kalah sama siomay-nya abang-abang gerobak sampai siomay yang di restoran. Yuk dicoba....

Siomay sedang dikukus (majalah-holiday.com)