Tips Solo Traveling untuk Perempuan, Biar Aman dan Nyaman

Melakukan solo traveling memang seru dan bisa untuk tantangan bagi diri sendiri. Namun, ada hal-hal yang seharusnya diperhatikan, biar liburanmu dengan dirimu sendiri tetap aman dan nyaman. Berikut tipsnya!

Kadang memang kita membutuhkan waktu untuk sendiri, keluar dari hiruk pikuk lingkungan yang itu-itu saja. Melakukan solo traveling adalah solusi bagi kamu yang ingin mengenal dirimu sendiri, lebih dekat.

Memang banyak yang belum menyukai solo traveling, karena terlalu khawatir jika kesepian, tersesat, atau terjadi hal yang tak diinginkan.

Namun, sebenarnya banyak sekali keuntungan yang bisa kamu dapat saat melakukan solo traveling. Mulai dari bebas menentukan tempat tujuan, belajar mandiri, mendapat kenalan baru sewaktu dalam perjalanan, bisa berlatih beradaptasi, dan lain sebagainya,

Ada beberapa tips, buat kamu, khususnya perempuan-perempuan yang ingin melakukan solo traveling, biar tetap aman dan nyaman, berikut ulasannya:

1. Lakukanlah riset terlebih dahulu

Hal pertama ini amat sangat penting. Melakukan pencarian ke lokasi yang kamu tuju, akan memudahkanmu memahami lokasi negara atau daerah tujuan.

Selain itu, lakukanlah riset tentang harga tiket, tempat wisata, transportasi yang tersedia di lokasi, hotel, budaya hingga bagaimana kebiasaan orang-orang di tempat yang akan kau tuju.

Melakukan pencarian lokasi (jurnal.id)

2. Simpanlah dokumen dan uang secara terpisah

Tips kedua akan membuatmu aman dari tindak kejahatan. Memang kita tak ingin ada hal buruk menimpa kita. Namun, yang perlu dipahami adalah, kejahatan bisa terjadi kapan dan dimanapun. Kamu harus selalu mengantisipasi itu. 

Jangan lupa untuk memotret dokumen-dokumen penting dan kartu pengenalmu. Ini bakal membantu banget kalau kamu kehilangan tas.

Uang dan dokumen (adorethelife)

3. Catatlah nomor-nomor penting

Menyimpan nomor penting, seperti orang-orang terdekat yang ada di daerah kunjunganmu, polisi, penginapan, rumah sakit, dan lain-lain, wajib dilakukan. 

Nah, tak hanya mencatat di handphone, kamu juga bisa menyalinnya di buku catatan. Ini bertujuan, jika kamu kesulitan menemukan nama kontak atau hp-mu hilang, kamu bisa melihatnya di buku catatan.

Menikmati kesendirian bersatu dengan alam (provoke-online.com)

4. Update status di media sosialmu

Bukan maksud untuk pamer, namun dengan memberi tahu followersmu, mereka akan tahu kegiatanmu selama liburan. Paling tidak, teman terdekatmu bisa memantau keselamatanmu dari jauh. 

Sekaligus, mengupdate membuatmu akan menikmati dan berbagi keindahan bersama teman-teman terdekatmu, kan?

Berjalan-jalan sembari mengupdate status (journal.sociolla.com)

5. Selalu bersikap ramah kepada masyarakat

Ketika kamu melakkukan perjalanan sendirian, kamu akan menemukan banyak orang baru. Selalulah bersikap raman dan sopan saat bertemu orang baru. 

Kamu juga bisa mengajak mereka ngobrol, baik itu penjual makanan, penjaga toko, penjaga tempat wisata, atau siapapun. Ini akan membuatmu banyak mendapat cerita dan hal baru.

Demikianlah beberapa tips yang bisa kamu lakukan saat ingin melakukan solo traveling gengs. Siapkan sebaik mungkin untuk liburanmu yang pastinya menyenangkan!

Bersikap ramah (guideku.com)