Maag Kamu Auto Kambuh Kalau Makan dan Minum Ini

Kalau kamu gak pengen penyakit maag kamu kambuh, jangan makan dan minum ini ya.

Gastritis atau yang lebih kita kenal dengan penyakit maag adalah sebuah penyakit yang disebabkan karena terjadi peradangan pada selaput dinding dari asam dan kuman.

Tentunya bagi yang suka mengidap penyakit maag harus benar-benar mengatur pola makan. Dan mewaspadai beberapa makanan dan minuman yang dapat membuat kambuh. Contohnya seperti di bawah ini.

Alkohol

Berdasarkan hasil penelitian IQWiG Jerman, kalau kamu menderita maag dan terlalu banyak minum alkohol dapat memicu kambuhnya maag kamu.

Bahkan bila diteruskan terus menerus, maag kamu akan makin kambuh dan sampai bisa menimbulkan muntah darah. Bahaya banget kan.

(istock.id)

Makanan Berminyak

Kalau kamu punya riwayat penyakit maag, lebih baik kurangin deh mengonsumsi makanan yang banyak kandungan minyak.

Pasalnya, makanan berminyak seperti halnya gorengan bisa lama dicerna, karena lama mencernanya maka semakin meningkat jumlah asam lambung gengs.

(kompaslifestyle.com)

Kopi

Belakangan ini menikmati kopi sudah menjadi sebuah tren kekinian yang membuat kalangan kawula muda ingin mencobanya.

Tapi buat yang ada riwayat maag-nya lebih baik dihindari aja deh, karena kopi memiliki kandungan asam tinggi. Jelas bisa memicu kumatnya maag kan ....

(pixabay.com)

Makanan Asam

Kalau punya riwayat penyakit maag, kudu mikir dua kali deh kalau mau makan makanan yang terasa asam. Kecuali buah-buahan ya.

Menurut ilmu kesehatan, buah-buahan aman untuk dikonsumsi dan tidak memicu gastritis, karena pH asam lambung bisa mencapai 1,5.

(tokopedia.com)

Makanan Pedas

Sulit dipungkiri kalau hidangan pedas itu menggoda sekali di lidah. Tapi kalau buat yang punya riwayat maag, ya lebih baik dihindari deh.

Pasalnya, kandungan pedas dapat menambah asam yang berakibat naiknya asam lambung. Jadi kebayang kan gimana jadinya kalau ngeyel memakannya.

Nah jadi itulah beberapa makanan dan minuman yang harus dihindari temen-temen yang punya riwayat maag. Jadi musti hati-hati ya gengs.

(YouTube.com)