Halimah Agustina Kamil: Sosok Wanita Panutan dan Menantu Kesayangan Mantan Presiden Soeharto

Halimah Agustina Kamil, ini lho sosok panutan yang sayang banget kalo kamu gak tahu.

Gak semua tokoh publik hanya menjual kontroversi. Pun gimmick remeh hanya demi meningkatkan popularitas. Dan dari semua tokoh publik Indonesia, kita bisa mendapatkan banyak pelajaran dari mantan anggota keluarga cendana, Halimah Agustina Kamil.

Para milenial mungkin kurang mengetahui siapa Bu Halimah ini. Dan buat menyegarkan pikiran kalian, berikut adalah perjalanan dan perjuangan hidup dari mantan istri putra mantan Presiden Soeharto, Bambang Trihatmodjo.

Halimah Agustina Kamil (kapanlagi.com)

Putri dari Duta Besar Indonesia

Sebagai menantu dari presiden yang memerintah Indonesia selama 32 tahun, tentu keluarga Halimah bukanlah keluarga biasa. Dilansir dari Wikipedia, Halimah Agustina Kamil adalah putri dari dubes Indonesia Abdullah Kamil.

Abdullah Kamil (wikipedia.org)

Melihat karir Abdullah Kamil, dirinya pernah menjabat sebagai Bagian Penerangan KBRI di Thailand pada tahun 1948-1952. Di Thailand ini, Abdullah Kamil bertemu lalu menikahi seorang perempuan bernama Achara.

Dari pernikahan tersebut, lahirlah Halimah Agustina Kamil. Halimah lahir di New York, Amerika Serikat. Untuk waktu kelahirannya, tidak ada cukup sumber di Internet.

Menikah dengan Putra Mantan Presiden Soeharto

Kebahagiaan Halimah sempurna manakala dirinya dipinang oleh putra mantan presiden Soeharto, Bambang Trihatmodjo. Pernikahan mempelai berlangsung pada 24 Oktober 1981.

Sebagai menantu dari sosok presiden yang berkuasa di Indonesia, membuat Halimah menjadi sorotan publik. Dan harapan tak menghianati masyarakat. Terbukti sosok Halimah mampu membawa dan menunjukkan dirinya sebagai sosok yang layak ditiru.

Bagaimana tidak, keseharian dari Halimah Agustina Kamil diisi dengan berbagai macam kegiatan sosial. Selain itu, Halimah pun terkenal sangat santun dalam pergaulan. Halimah pun aktif dalam berbagai macam kegiatan sosial, salah satunya adalah Gerakan Nasional Orang Tua Asuh (GN-OTA).

Halimah-Bambang (tribunnews.com)

Dari pernikahan keduanya, pasangan yang kerap dijadikan sorotan masyarakat ini melahirkan 1 putri dan 2 putra. Mereka adalah Gendis Siti Hatmanti, Panji Adhikumoro dan Bambang Aditra Trihatmanto.

(boombastis.com)

Prahara pun Datang dan Halimah Berdiri Tegar

Tak ada keindahan yang abadi. Hidup adalah roda yang selalu berputar, ada kalanya di atas, pun ada masanya manusia akan berada di titik terbawah dalam kehidupan.

Dan bagaimana pun, Halimah adalah manusia juga. Dan nasibnya tak lepas dari perputaran roda nasib. Buktinya, 26 tahun lamanya pernikahan yang dijalani, dengan amat sangat terpaksa harus diakhiri karena hadirnya pihak ketiga.

Pada tahun 2007, diketahui Bambang Trihatmojo menggugat cerai Halimah. Gugatan tersebut tak membuat Halimah mundur begitu saja. Dirinya berjuang demi mempertahankan pernikahan yang telah dijalani begitu lama.

Guncangan emosi yang dirasakan Halimah gak berhenti di situ saja. Bambang pun menjelaskan dalam pengajuannya jika dia menggugat cerai Halimah untuk menikahi wanita lain. Kini kita tahu siapa wanita itu, kan? Tak lain adalah Mayangsari, artis dan musisi Indonesia.

(malangtoday.net)

Cobaan pun berturut-turut menghampiri Halimah Agustina Kamil. Gugatan cerai dari Bambang diterimanya manakala mantan presiden Soeharto tengah jatuh sakit.

Menurut kabar yang beredar, saat mantan presiden Soeharto dalam kondisi kritis, dirinya sempat menyampaikan jika sampai kapan pun menantunya adalah Halimah.

(kapanlagi.com)

Dan Perpisahan pun Terjadi

3 tahun lamanya Halimah Agustina Kamil berjuang untuk mempertahankan rumah tangga. 3 tahun yang panjang, tercatat dari tahun 2007 hingga putusan cerai resmi dikeluarkan pada tahun 2010.

Dan setelah 3 tahun keluar-masuk ruangan sidang, menghadap meja hijau untuk menimbang berkas serta kasus rumah tangga Halimah-Bambang, pengadilan pun resmi menyatakan berpisah.

Sedih, tentu. Kecewa, sudah pasti. Apalagi Halimah merasa dihianati oleh Undang-undang Nomor 1 tahun 1974 tentang perkawinan yang menurutnya cenderung mempermudah perceraian.

Selain itu, negara pun terlihat tak menjamin atau menunjukkan upaya untuk melanggengkan ikatan perkawinan.

Namun, palu putusan sudah dijatuhkan. Halimah mengaku dirinya menghargai keputusan hakim. Dan sejak kasus perceraian yang lama menjadi sorotan masyarakat ini berakhir, Halimah Agustina Kamil jarang muncul di media. Dia seperti lenyap ditelan bumi.

(archive.tabloidbintang.com)

Hingga tahun lalu, saat pernikahan salah satu cicit keluarga cendana, Danvy Sekartaji Indri Haryanti Rukmana, Halimah Agustina Kamil tampak hadir. Menariknya, dirinya hadir mengenakan busana yang sama dengan Mayangsari.

Dari Halimah, kita belajar banyak hal. Kita bisa belajar betapa perceraian tak pernah berlangsung mudah. Dan untuk wanita, jika rumah tangga baiknya dipertahankan, maka pertahankanlah sekuat tenaga. Sebagaimana Halimah Agustina Kamil yang memperjuangkannya hingga 3 tahun lamanya.

Halimah dan Mayangsari (youtube.com)