Jenis-Jenis Sampah Paling Banyak di Bumi, Pasti Pernah Kalian Buang Gitu Aja

Simak deh jenis-jenis sampah yang paling banyak di muka Bumi ini. Salah satunya pasti pernah kalian buang gitu aja deh.

Jumlah produksi sampah plastik global terus mengalami peningkatan setiap tahunnya. Berdasarkan data yang dihimpun ScienceMag, pada 1950 silam, produksi sampah dunia berada di kisaran 2 juta ton per tahun. Tetapi, tahun 2015 lalu, produksi sampah melonjak jadi 381 juta ton per tahun. W-O-W!

Hal ini mengindikasikan peningkatan tajam hingga lebih dari 190 kali lipat. Rata-rata peningkatannya per tahun mencapai 5,8 juta.

Asosiaosi Industri Plastik Indonesia (INAPLAS) serta Badan Pusat Statistik (BPS) menyebutkan bahwa sampah plastik di Indonesia mencapai 64 juta ton per tahun. 3,2 juta di antaranya adalah sampah plastik yang kebanyakan dibuang ke laut.

Sebagian besar sampah membutuhkan waktu lama untuk terurai. Perjalanan para sampah yang kita buang itu akhirnya berhasil pula mencapai garis finish-nya: lautan. Lantas, apa aja sih jenis-jenis sampahnya?

Biar kalian tau nih, ini dia jenis-jenis sampah yang paling banyak ditemukan di muka bumi ini. Kalian pasti pernah membuangnya begitu aja meski hanya sekali seumur hidup.

Sampah ... kian meresahkan emang~ (nuscimag.com)

1. Puntung rokok

Ocean Conservancy, sebuah kelompok konservasi kelautan yang berbasis di Amerika Serikat mengungkap bahwa puntung rokok adalah jenis sampah yang paling banyak ditemukan di lautan.

Kelompok itu mengklaim telah mengumpulkan lebih dari 60 juta puntung rokok hanya di sekitar pantai di Washington DC. Mereka ngumpulin puntung rokok sejak 1986 lalu lho.

Menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), kebiasaan membuang puntung rokok sembarangan dilakukan jutaan manusia di seluruh dunia. Kebanyakan memang dibuang di trotoar atau selokan, tapi bermuaranya semua ke lautan.

Puntung rokok adalah yang terbanyak pertama (hindustantimes.com)

CNN melaporkan, ada sekitar 6 triliun rokok yang diproduksi setiap tahunnya. Itu berarti ada lebih dari 90 persen filiter yang mengandung plastik. Dan ... lebih dari 1 juta ton plastik setiap tahun diproduksi dari rokok.

Puntung rokok sendiri terbuat dari bahan selulosa asetat. Ini adalah jenis plastik yang butuh sekitar satu dekade untuk bisa terurai.

Puntung rokok yang dibuang sembarangan berakhirnya di laut juga (inhabitat.com)

2. Kemasan makanan

Peringkat kedua jenis sampah yang paling banyak diproduksi di bumi ini adalah kemasan makanan. Sepanjang 2015 lalu, Our World in Data telah mengklasifikasikan berbagai jenis sampah yang paling banyak di dunia.

Urutan teratasnya ditempati oleh sektor kemasan makanan dan minuman. Totalnya bisa mencapai lebih dari 146 juta ton per tahun gengs! Ya ampun!

Kemasan makanan, ini baru yang keliatan ya ... (sassymamasg.com)

3. Kantong plastik

Kantong plastik alias platik kresek adalah hal yang biasa digunakan di negeri ini. Kita kan terbiasa tuh belanja apa pun dan dibungkus dalam plastik kresek.

Ibu kota Jakarta misalnya, saat ini tengah menyiapkan aturan gubernur yang melarang penggunaan kantong plastik sekali pakai di pasar modern maupun tradisional. Ini terkait dengan laporan sintesis yang dirilis World Bank tahun lalu.

Kantong plastik juga jadi sampah paling banyak di dunia (theoutline.com)

Bank Dunia menemukan bahwa komposisi sampah kantong plastik di sungai-sungai di Jakarta tergolong besar. Sampah plastik kresek mencapai 21,6 persen, artinya kedua terbesar setelah kategori sampah organik lainnya yang mencapai 52,1 persen.

Persentase ini tidaklah mengejutkan sebab menurut laporan Bank Dunia, kebanyakan orang biasa membuang sampah dengan kantong plastik. Dan itu baru di Jakarta aja lho.

Soalnya plastik kresek tuh gampang banget diakses di sini (indonesiaexpat.biz)

4. Sedotan plastik

Laporan Bank Dunia tahun 2018 lalu juga menyebut bahwa sampah sedotan plastik masuk dalam lima jenis sampah yang paling banyak ditemukan di Indonesia.

Menurut organisasi Divers Clean Action (DCA), sampah sedotan plastik di Indonesia mencapai lebih dari 93,2 juta per hari. Padahal ... sedotan plastik butuh waktu 500 tahun agar bisa terurai sempurna. Duh.

Sedotan plastik juga nih~ (usatoday.com)

5. Styrofoam

Selain sampah plastik, styrofoam juga masuk dalam kategori sampah paling banyak ditemukan di lingkungan.

Ini karena styrofoam adalah alternatif wadah yang serbaguna dan paling banyak dipilih untuk mengganti kemasan makanan plastik. Padahal, styrofoam butuh waktu sekitar 80 tahun agar bisa terurai sempurna.

Nah, itu dia jenis-jenis sampah paling banyak di bumi. Kalian pasti pernah deh buang jenis-jenis sampah itu barang cuma sekali aja seumur hidup? Ya kan?

"Sekadar mengingatkan" aja ... dikurang-kurangin gengs kebiasaan itu.

Styrofoam butuh 80 tahun untuk bisa terurai gengs (riversideeddy.ca)