Selain Menyegarkan, Berenang Juga Memiliki Beragam Manfaat yang Baik Bagi Kesehatan Lho

Selain menyegarkan, ternyata ada beragam manfaat lain yang bisa kalian dapatkan saat melakukan aktivitas renang. Apa saja? Yuk simak.

Renang merupakan salah satu olahraga yang mungkin belum banyak diminati orang dari berbagai usia. Apakah kalian salah satunya?

Jika kalian termasuk salah satunya, sebaiknya mulai dari sekarang lakukan sesekali olahraga berenang deh gengs. Kenapa? Sebab renang itu tak hanya menyegarkan saja, melainkan juga ada beragam manfaat kesehatan yang baik untuk tubuh saat kalian melakukannya lho.

Bagi orang yang malas berkeringat, renang adalah pilihan tepat.

Tak percaya? Berikut manfaat berenang bagi kesehatan tubuh:

Renang (nakita.grid.id)

1. Menenangkan pikiran dan mengurangi stres

Jika kalian merasakan hal ini, sesekali cobalah untuk melakukan aktivitas renang. Sebab, berenang secara rutin akan membantu kalian mengurangi stres, mengurangi depresi hingga memperbaiki pola tidur.

Lakukanlah dengan ringan dan santai untuk mendapatkannya yak gengs.

2. Menjauhkan resiko terkena penyakit

Aktivitas renang, tidak hanya menguatkan organ paru-paru aja gengs. Berenang juga dapat membuat fungsi jantung kalian semakin kuat lho.

Detak jantung akan meningkat saat berenang, terlebih jika kalian melakukan gaya berat seperti gaya kupu-kupu.

Melakukan olahraga renang ini dapat menjauhkan kalian dari resiko terkena penyakit jantung, diabetes hingga stroke.

Berenang mengurangi stres (klikdokter.com)

3. Berenang akan membuat aktivitas berlari semakin mudah

Berenang dengan rutin akan meningkatkan daya tahan tubuh kalian secara drastis lho. Dengan otot kaki dan core yang lebih kuat, ditambah lagi dengan kemampuan paru-paru kalian untuk menggunakan oksigen dengan baik, maka aktivitas berlari kalian pun akan menjadi lebih mudah.

4. Menjaga kehamilan tetap sehat

Untuk kalian yang sedang hamil, renang dengan menggunakan gaya apung akan membuat persendian bebas dari beban berat untuk sementara. Kalian bisa tetap berenang, kecuali ada masalah tertentu. Nah jika gaya dada membuat daerah panggul tidak nyaman, maka gunakanlah gaya lain.

Melakukan aktivitas renang membuat aktivitas berlarimu semakin mudah (mendetail.com)

5. Meningkatkan kekuatan otot dan tulang

Melakukan aktivitas renang dapat menjadikan otot dan tulang kamu semakin kuat. Hal ini disebabkan karena seluruh ototmu akan bergerak dan akan terbentuk sempurna. Kalian mungkin tidak akan bisa menggerakan seluruh tubuh hanya dengan bersepeda ataupun lari, hanya renang yang bisa menggerakan seluruh tubuhmu.

6. Menurunkan berat badan

Untuk kalian yang ingin menurunkan berat badan, bisa kok melakukan aktivitas renang. Pasalnya renang dapat membakar setidaknya 200-300 kalori dalam tubuh. Namun itu semua harus didukung juga dengan gaya hidup sehat lainnya.

Renang dapat meningkatkan otot dan tulang (lifestyle.kompas.com)

7. Meningkatkan tinggi badan

Biasa melakukan renang saat masa pertumbuhan sangat membantu meningkatkan tinggi badan. Karena berenang mampu membantu pembentukan otot dan pertumbuhan tulang.

Nah itulah sederet manfaat yang bisa kalian dapatkan saat melakukan renang. Mau olahraga yang tidak berkeringat? Ya, lakukanlah olahraga renang gengs hehehe. Semoga bermanfaat yak gengs.

Renang dapat membantu meningkatkan tinggi badan (faktualnews.co)