Menurut Ilmuwan, Manusia Bisa Kenali Sekitar 5.000 Wajah yang Berbeda

Menurut ilmuwan, manusia tuh bisa mengenali sekitar 5.000 wajah orang yang berbeda. Banyak lho ituh

Kita mengalami banyak pertemuan dengan orang-orang setiap hari. Mungkin kita berkenalan atau bertemu langsung, mungkin lewat media sosial macam Instagram, YouTube, Facebook, Twitter, dan seterusnya. Mungkin juga dari berbagai foto yang pernah kita lihat sebelumnya.

Tapi, apakah kalian bisa mengingat banyak wajah tersebut? Kalo bisa, ada berapa wajah yang kalian ingat? Terbatas gak jumlah wajah yang kalian ingat?

Nah, sains menjawab hal ini.

Sebuah penelitian dari University of York, Inggris menemukan bahwa rata-rata, manusia bisa mengingat hingga 5.000 wajah. Penelitian itu pun telah diterbitkan dalam jurnal di Royal Society B, sebagaimana dilansir Medical Daily.

"Studi kami berfokus pada jumlah wajah yang kita benar-benar ketahui. Kami belum bisa menemukan batasan tentang berapa banyak wajah yang bisa ditangani oleh otak," jelas Dr. Rob Jenkins dari Departemen Psikologi University of York.

Susah nginget wajah orang kalo lagi nobar begini (abc.net.au)

"Kemampuan kita untuk membedakan individu satu dengan yang lainnya tentu penting, karena kemungkinan kita untuk tetap terhubung dengan mereka dari waktu ke waktu," lanjutnya.

Ada beberapa langkah yang dilakukan sebagai metode dalam penelitian tersebut. Pertama, para peneliti meminta para peserta untuk menghabiskan satu jam dengan mengingat sebanyak mungkin wajah. Mulai dari lingkaran pertemanan, keluarga, rekan sekolah dari kecil sampe kuliah, rekan kerja, atau lingkaran personal lainnya.

Kedua, peserta kemudian diminta untuk mengenali lebih dari 3.000 tokoh terkenal atau publik figur. Mereka adalah aktor, penyanyi, atlet, politisi, dan seterusnya.

Kalo begini juga gak gampang kita inget (adventuretravel.co.id)

Hasilnya, terdapat kisaran yang cukup besar antar para sukarelawan penelitian. Paling sedikit, partisipan penelitian itu bisa mengenali hingga 1.000 wajah. Namun, ada juga lho yang bisa mengenali hingga 10.000 wajah orang. 

Oleh karena itu, peneliti menarik rata-ratanya, bahwasanya, manusia bisa mengenali wajah hingga 5.000 wajah.

Berdasarkan rentang yang besar itu, para ilmuwan pun sepakat bahwa ada beberapa orang yang memiliki bakat alami dalam mengingat wajah orang lain. Sementara faktor lain ditentukan berdasarkan seberapa besar perhatian seseorang terhadap perilaku mengingat wajah orang lain. 

Ada banyak orang, yang kita inget cuma beberapa aja emang~ (aol.com)

Dr. Jenkins pun menyebut bahwa contoh lingkugan sosial dapat merefleksikan kekuatan dalam mengingat wajah. Orang-orang yang tinggal dan dibesarkan di lingkungan padat penduduk akan memiliki kepekaan dalam mengenali wajah lebih baik. Sebab, itu semacam tuntutan dalam lingkungan sosial.

Tetapi di balik itu, terdapat sebuah pengecualian. Terutama jika seseorang mengalami kondisi khusus yang disebut 'kebutaan wajah' atau prosopagnosia. Itu merupakan kondisi yang mempengaruhi kemampuan seseorang mengenali wajah orang lain.

Aduh, siapa ya? Lupa! (istockphoto.com)

Nah, dalam studi yang dilakukan oleh para peneliti di Harvard University, sekitar 2 persen orang Amerika Serikat mengalami prosopagnosia.

Kalo kalian, inget gak wajah temen-temen kalian yang udah lama gak ketemu gitu? Kecuali doi operasi plastik sih.

Bakal lebih susah lagi dikenali kalo orangnya tutup muka (medicaldaily.com)