3 Cara Mengungkapkan Perasaan yang Bisa Membuatnya Bahagia, Rasakan Healthy Relationship

Untuk soal mengungkapkan perasaan, ada cara yang benar dan salah, lho. Gak boleh sembarangan. Itu pun kalo kalian ingin mendapatkan healthy relationship, ya.

Saat menjalin hubungan, yang kamu butuhkan gak cuma mencintai mereka saja, namun juga bagaimana untuk mencintai mereka dengan baik dan benar. Ya, mencintai pun bisa dibedakan antara yang benar dan yang salah, lho.

Berdasarkan teori psikologi karya John Bowlby, mencintai dengan baik adalah tentang membangun hubungan emosi yang aman dengan pasangan.

Menurutnya, saat kita memiliki hubungan emosional yang kuat lalu merasa aman dan nyaman dengannya, hubungan kita bisa berkembang. Sedikit demi sedikit, kita bisa saling percaya dan mulai membangun masa depan.

Tentu hal itu adalah impian dari semua pasangan, kan? Pun jadi impian dari kaum tuna asmara yang berulangkali ditinggalkan cinta.

Pasangan (pixels.com)

Nah, untuk pasangan, 3 cara mengungkapkan perasaan kepada pasangan di bawah bisa langsung kalian terapkan. Sedangkan untuk jomblo, catat dulu aja. Mungkin ada teman yang membutuhkan saran, lalu kalian bisa langsung memberikannya sebagai penyelesaian.

Berikan waktu untuk pasangan

Untuk selalu ada baginya, dalam setiap kondisi, bisa membantumu untuk membangun hubungan emosional yang lebih kuat. Bisa membuatnya merasa aman dan nyaman.

Pasangan (dadedoo.com)

Yah, mungkin ada waktunya kamu merasa lebih membutuhkan teman daripada pasangan. Tapi, ayolah, teman ya teman. Sedangkan pasangan, dia bakal jadi sosok tempatmu untuk pulang dan menyampaikan keluh-kesah kehidupan. Dewasa aja, gaes.

Rasakan apa yang dirasakannya

Mencintai dengan benar membuat kamu untuk bisa mendengarkan dan merasakan perasaannya. Selain itu, kamu pun juga harus bisa memberikan tanggapan yang tepat.

Pasangan (weheartit.com)

Namun, banyak pria seringkali tersandung dalam hal ini. Sudah jadi insting alamiah pria untuk menjadi "problem-solver". Bagi mereka, apa yang dihadapi pasangan adalah hal yang mudah, tanpa perlu terlalu dipikirkan atau dirasakan.

Lain halnya dengan wanita, mereka akan dipenuhi dengan kecemasan dan ketakutan. Oleh karena itu, dibutuhkan kedewasaan untuk memahami apa yang sebenarnya dia rasakan. Dan kamu pun harus menanggapinya dengan benar.

Selalu ada untuknya

Kehadiranmu bukan cuma saat kalian kencan atau menghabiskan waktu bersamanya. Namun, kamu harus bisa ada saat dia merasakan kesedihan. Bisa jadi karena hari yang terlalu buruk, penuh kesialan, atau mendapatkan perlakuan buruk dari teman.

Pasangan (wattpad.com)

Kamu ada untuk memberikannya semangat, menenangkan hati dan pikirannya, lalu mencoba memberikan solusi agar dia gak terlalu memikirkan. Nah, lho, berapa banyak waktu yang kamu berikan untuknya? Dan dari semua waktu itu, apakah kamu selalu ada untuknya? 

Kalo gak, coba deh renungkan ulang cara mengungkapkan perasaan dengan benar di atas. Kalo kamu mencintainya, catat dan terapkan!

Pasangan (pinterest.ph)