Takut pada Malam Hari Tuh Kenapa Ya? Mungkin karena Nyctophobia

Kalian takut saat malam hari? Mungkin karena kalian punya fobia terhadap malam hari, alias nyctophobia.

Manusia punya rasa takutnya masing-masing terhadap sesuatu. Kalo yang paling umum jelas takut dengan kematian lah ya. Tapi kalo takut dengan kegelapan atau malam hari, ada gak?

Ketakutan terhadap kegelapan atau malam hari itu beneran ada lho gengs. Mereka yang punya ketakutan terhadap hal-hal itu akan merasa bahwa suasana di sekitarnya akan berubah jadi mencekam. Ketakutan banget deh pokoknya.

Nah, kondisi itu disebut sebagai nyctophobia gengs.

Nyctophobia merupakan sebuah ketakutan berlebih yang irasional pada kegelapan. Buat yang punya ketakutan macam itu, semua kegiatan mereka di malam hari atau di dalam ruangan yang gelap akan terhambat. 

Mereka mungkin akan terus dibayang-bayangi oleh hal-hal yang menyeramkan juga. Wah, gak tenang banget tuh ya pasti~

Takut sama gelap? (medium.com)

Para penderita nyctophobia rata-rata punya persepsi yang menyimpang dari kejadian selanjutnya yang akan datang. Mereka juga bisa aja berpikir kalo musibah akan datang seiring datangnya kegelapan atau malam hari.

Sampe sekarang, belum diketahui secara pasti apa penyebab seseorang mengalami nyctophobia. Tetapi, para psikolog kerap mengasosiasikannya dengan peristiwa traumatis para seseorang pada suasana gelap atau di masa lalunya.

Jangan salah, ini serius lho~ (emaze.com)

Gejala umum dari para pengidap nyctophobia ini adalah benar-benar gak berani pergi keluar di malam hari. Mereka memilih menyendiri di malam hari. Mereka juga akan merasa gelisahhh banget saat kegelapan mulai menyelimuti alam raya.

Bahkan, parahnya lagi, bisa aja timbul rasa panik berlebih saat mereka melihat ke sebuah arah yang gelap.

Mungkin mereka punya rasa trauma terhadap kegelapan (fiksyenshasha.com)

Untuk diketahui, hal ini merupakan masalah psikologis yang serius. Ini bukan bahan bercandaan loh gengs, sebab para penderitanya bisa-bisa malah gak mau lagi bergaul dengan kalian atau bisa juga gak sadarkan diri. Hal ini berpengaruh banget sama kesehatan mental mereka.

Tapi begini, nyctophobia setidaknya bisa dikurangi dengan cara ... berdoa. Ya berdoa bisa sih, tapi di luar cara itu, penderitanya bisa kok mengikuti terapi perliaku kognitif.

Ini bisa menyerang siapa aja lho gengs (all4desktop.com)

Btw, selain nyctophobia adalah masalah serius yang gak boleh kalian bercandain, kalian juga harus tau kalo para penderita nyctophobia gak boleh ditinggalin lho.

Mereka bisa tertekan dalam keadaan gelap, karena mereka bisa berhalusinasi tentang keadaan di sekitar mereka.

Pokoknya, jangan tinggalkan mereka dalam keadaan gelap ya gengs, bahaya (pixabay.com)