5 Jenis Gudeg Yang Wajib Kamu Coba, Yakin Enak Banget~

Ini lho 5 jenis gudeg yang wajib kamu coba, katanya sih walau rasanya beda, tapi enak semua.

Makanan Gudeg sudah ada sejak abad ke-15an. Dan saat itu makanan ini dibuat karena saking banyaknya nangka dan kebutuhan para pekerja yang banyak.

Saat ini gudeg sudah menusantara bahkan mendunia. Di kota asalnya sendiri yaitu Yogyakarta saat ini sudah bertransformasi menjadi beberapa varian. Beberapa diantaranya adalah berikut.

Gudeg ceker

Meskipun ide ini berasal dari kota Solo, namun makanan ini juga cukup populer di Yogyakarta karena rasanya yang gurih.

Sesuai dengan namanya gudeg ini menggunakan ceker yang mendominasi disajikan dengan kuah areh dan sambal krecek. Emmm... yummy banget dah.

Gudeg ceker (pegimakan.id)

Gudeg mercon

KAlau dengar kata mercon pasti yang ada dalam benak kita adalah petasan, yakan? Tapi gudeg ini diberi nama gudeg mercon. Waduh kebayangkan dahsyatnya.

Pedas itu sudah pasti, gudeg ini berinovasi dari rasa manis sampai didominasi rasa pedas yang meledak-ledak di lidah. 

Gudeg mercon (Kotajogja.com)

Gudeg manggar

Beda dengan hidangan gudeg lainya. Kalau biasanya gudeg berasal dari buah nangka muda, kalau gudeg manggar berasal dari bunga pohon kelapa yang masih muda.

Ada cerita unik dibalik gudeg manggar, saat itu gudeg ini dibuat sebagai bentur perlawanan terhadap pemerintahan Yogyakarta yang dianggap berpihak pada Belanda. Tapi saat ini gudeg ini jadi makanan khas di Bantul, Yogyakarta.

Gudeg manggar (Travelingyuk.com)

Gudeg kering

Gudeg kering disajikan dalam keadaan kering, tanpa tambahan areh kental. Ciri khas gudek kering adalah cita rasa manis yang kuat dengan tekstur nangka yang kesat.

Gudeg kering biasanya dimasak dalam waktu yang lama, sehingga kuahnya surut dan gulanya meresap sampai kebagian dalam gudeg. 

Gudeg kering (derayandika23.blogspot.com)

Gudeg Basah

Berbeda dengan gudek kering, gudeg basah adalah sajian gudeg orisinil. Gudeg ini yang menjadi paling populer di Yogyakarta.

Sajian Ayam dengan kuah areh yang super kental menambah kegurihan didalam gudeg ini. Apalagi kalau disajikan hangat-hangat. Waduh, kalau kata Alm. Pak Bondan, Mak Nyuuuus~

Sebenarnya saat ini sudah ada juga varian gudeg kaleng. Jadi bisa dibawa dimanapun dan dimakan kapanpun. Gimana? Pengen makan Gudeg?

Gudeg basah (Tribunnews.com)