Bahaya Hobi Selfie, Ngeri Kali

Awas, ini bahaya hobi selfie yang sering kamu lakukan. Katanya sampai berdampak ke psikis segala

Saat ini, kegiatan selfie merupakan sebuah kegiatan yang cukup lumrah di kalangan masyarakat. Apalagi didukung perkembangan teknologi yang semakin baik.

Melakukan selfie bahkan menjadi seperti kompetisi untuk berlomba-lomba pamer di akun medsos masing-masing. Namun tahukah kamu, ternyata hobi selfie itu berbahaya? Kok Bisa? Ini penjelasanya ....

1. Manjadi berkepribadian narsis

Bahaya psikologis yang pertama adalah kepribadian narsis. Pasalnya, orang yang seneng foto selfie umumnya selalu ingin menjadi pusat perhatian dan selalu ingin mendapat pujian.

Kalau kamu suka foto dimana aja, kamu perlu waspada, karena kamu punya kepribadian yang narsis.

Kepribadian narsis (okaydoc.com)

2. Kecanduan

Selain bisa buat menghibur di kala waktu luang. Selfie juga bisa bikin efek kecanduan. Hal ini ditandai dengan kegiatan selfie yang terus menerus.

Kalau kebiasaan itu terus dilanjutkan, maka kecanduan ini bisa berkembang menjadi gangguan mental yang lebih serius.

Kecanduan (Uzone.id)

3. Rentan terkena gangguan mental

Terkena Body Dysmorphic Disorder atau gangguan dismorfik tubuh adalah salah satu gangguan mental yang sangat memungkinkan dialami oleh hobi selfie.

Gangguan mental ternyata menyebabkan penderitaan terlalu berlebihan dalam memikirkan penampilan mereka. Penderita gangguan ini sering mengeluh mengenai kekurangan atau cacat di wajahnya dan tidak jarang melakukan operasi plastik agar bisa jadi perfect.

Rentan terkena gangguan mental (Merdeka.com)

4. Krisis kepercayaan diri

Krisis kepercayaan diri sangat berkaitan dengan poin ketiga. Kalau seseorang sudah mengalami body dysmorphic disorder, maka ia bakal mengalami krisis kepercayaan diri. 

Orang-orang dengan krisis kepercayaan diri harus terus menerus diperhatikan, kekurangan-kekurangan yang dimilikinya dan membuat merasa tidak percaya diri.

Krisis kepercayaan diri (aintasillygirl.blogspot.com)

5. Obsesi pada sosial media

Orang-orang mengunggah foto selfie mereka di medsos, sebenarnya sering kali merasakan perasaan cemas berlebihan tentang masalah comen dan like.

Kalau kamu mengalami hal ini, ya berarti kamu sudah terobsesi pada media sosial. Ngeri kali kan? Haduh jangan deh~

Jadi begitulah bahaya hobi selfie yang perlu diwaspadai. Nanti kamu bisa terserang penyakit kejiwaanya, hehe.

Obsesi pada sosial media (kelascinta.com)