5 Tips Public Speaking Buat Mengatasi Grogi dan Takut, Berguna Deh

Nah, buat kamu yang ingin mempertajam kemampuan, yuk simak tips public speaking di bawah.

Rata-rata orang merasa lebih takut terhadap public speaking daripada kematian. Istilah medisnya disebut dengan glossophobia. Dan kenyataannya, ketakutan ini bisa mengacaukan hidupmu, lho.

Bayangkan aja, kamu sedang di tengah presentasi, entah itu untuk pelajaran, tugas kuliah, atau pekerjaan. Namun, karena merasa takut, tugas itu kamu berikan ke orang lain. Ide yang seharusnya jadi milikmu, akhirnya dianggap sebagai ide orang yang bersangkutan, dengan pengembangan sesuai penjelasannya.

Itu baru satu ilustrasi. Masih ada banyak ilustrasi lain tentang kerugian dari kemampuan public speaking yang kurang. 

Dan untuk menghadapi momen itu, nih tim Paragram udah siapkan 5 tips public speaking. Langsung scrolling bray.

Public speaking (pbn.com)

Pahami topik pembicaraan

Pemahaman yang mendalam bisa menghindari rasa takut yang berlebihan. Selain itu, penting pula untuk mengorganisir pikiran dan bahan kajian, agar kamu jadi lebih fokus.

Public speaking (modernchiropracticmarketing.com)

Berlatih dan persiapkan dengan sungguh-sungguh

Gak ada yang lebih berguna daripada latihan yang sungguh-sungguh. Untuk itu, coba deh tuliskan poin-poin gagasan yang bakal kamu sampaikan.

Public speaking (youthmanual.com)

Pahami pendengar dan tempat presentasimu

Tentu, jenis presentasi di depan ruang kelas akan berbeda dengan public speaking di depan klien atau saat seminar. Setiap ruang memiliki gaya dan metode tersendiri. Oleh karena itu, penting untuk memahami siapa yang menjadi pendengar dan di mana kamu menyampaikan.

Public speaking (gineersnow.com)

Jangan pernah meminta maaf

Pun kalo ada kesalahan saat kamu menggunakan konsep atau kata tertentu, jangan pernah meminta maaf. Justrus, lebih baik ucapkan "terima kasih". Sekali ucapan maaf disampaikan, kamu akan lebih banyak dikuasai oleh pikiran negatif, yang pada akhirnya berpengaruh banyak pada penampilan. 

Public speaking (dawahskills.com)

Fokus dengan pola

Saat kamu berbicara, cobalah dengan menggunakan pola tertentu. Jaga agar kalimat-kalimat yang kamu sampaikan tuh pendek namun langsung pada gagasan. Selain itu, selalu ulang poin utama dari hal yang ingin kamu sampaikan.

Dari kelima tips public speaking di atas, yang paling utama untuk selalu kamu terapkan adalah latihan. Kalo belum memiliki podium, bisa kok menjadikan teman atau pacar sebagai pendengar.

Public speaking (ummatpos.com)