Mungkin Kita Bisa Akses 7 Teknologi Canggih Ini pada 2030 Nanti, Semoga Aja ...

Mungkin, kita bisa akses 7 teknologi canggih ini pada 2030 nanti. Semoga aja deh.

Sejak mengenal berbagai teknologi, manusia terus mengembangkannya. Hingga kini, berbagai teknologi, apa pun itu, terus berkembang dengan cepat dan arusnya kayak gak bisa dibendung lagi gengs.

Di masa depan nanti, semua teknologi yang beberapa pernah kita liat di film, mungkin akan ada beneran nih. The World Economic Forum's Global Agenda Council on the Future of Software and Society melaporkan sejumlah teknologi diprediksi akan mencapai puncaknya pada 2025 mendatang.

Buat kalian yang penasaran bakalan seperti apa sih teknologi yang akan kita temukan di masa depan, simak dulu nih ulasan tentang 7 teknologi canggih yang bisa kita akses pada 2030 mendatang, seperti dilansir dari Business Insider.

1. Penyimpanan data gratis

Ruang penyimpanan data jaman sekarang emang masih terbatas. Tapi masalah keterbatasan ini akan segera berakhir gengs. 

Pasalnya, sekitar 90 persen orang di dunia akan segera mendapatkan akses ke penyimpanan data gratis dan tak terbatas. Tapi hal ini tak terlepas dari peran iklan gengs.

Indikasinya udah terlihat dari beberapa tahun terakhir ini kok. Sejumlah perusahaan teknologi telah menawarkan penyimpanan data dengan biaya murah. Misalnya punya Google yang ngasih kita akses penyimpanan foto di Google Photos. Gak terbatas pula!

Ini logis seiring merosotnya ongkos hard drive per gigabyte. Sementara setiap detik, setiap hari, data terus diproduksi. Dan menurut laporan terbaru, 90 persen data yang ada saat ini ternyata hanya dibuat dalam dua tahun terakhir. Hmm~

Asik, nyimpen data gratis! (ciscotr.com)

2. Identitas digital online

Makin hari, internet makin luas jangkauannya. Ini akan berbanding lurus dengan kehadiran manusia secara digital gengs.

Kabarnya, lebih dari 80 persen populasi dunia akan hadir dalam format online-nya, nanti, pada tahun 2030. Saat itu, kehidupan digital akan terhubung dengan kehidupan nyata seseorang. Itu juga akan terus bertumbuh.

Perusahaan teknologi macem Facebook atau Google makin semangat juga nih menggenjot lebih banyak layanan yang berfungsi untuk menghubungkan banyak orang di seluruh dunia lewat internet.

Semua akan terkoneksi secara online gengs! (veridiumid.com)

3. Super komputer mini

Di masa depan nanti, personal computer (PC) akan tereduksi. Kemampuan PC akan digantikan dengan kemampuan smartphone yang semakin canggih lagi.

Banyak orang di jaman ini yang beralih ke smartphone mengingat mobilitas mereka yang tinggi. Bahkan, harga smartphone pun kini semakin terjangkau.

Sebuah laporan mencatat bahwa penetrasi smartphone dalam pasar teknologi dunia mencapai 50 persen pada 2017 lalu. Sementara pada 2023 nanti, sekitar 90 persen populasi dunia akan terhubung ke internet lewat smartphone. Gokil!

Toh, hampir semua orang pake smartphone sekarang (medicalnewstoday.com)

4. Internet jadi kebutuhan dasar manusia

Kabarnya juga nih, sebagian besar populasi dunia pada 2024 nanti akan memiliki akses internet reguler. Keadaan ini berkaitan dengan perusaahaan macem Google dan Facebook yang menciptakan sebuah solusi untuk menghubungkan sekitar 4 miliar orang tanpa akses internet.

Facebook memiliki program Internet.org yang didukung dengan penggunaan drone untuk memancarkan internet ke Bumi melalui satelit. 

Sementara Google memiliki Project Loon yang memancarkan sinyal internet untuk menghubungkan berbagai wilayah di dunia menggunakan balon terbang di atmosfer.

Internet jadi kebutuhan dasar (gradwell.com)

5. Ride-sharing bakal populer

Konsep sharing-economy akan semakin meluas karena didukung dengan kehadiran aplikasi smartphone dan marketplace. Dalam sektor transportasi, konsep ini juga akan sama besarnya.

Layanan macam Go-Car maupun Grab Car secara tidak langsung juga bisa mengubah cara pandang manusia terhadap kepemilikan kendaraan dan sistem transportasi nih.

Demikian, berbagai perusahaan otomotif dunia juga akan memikirkan berbagai cara baru dalam model bisnis yang digunakan. Jadi konsep 'numpang' di masa depan bakal lazim gengs. Biar gak macet terus!

Ride-sharing asik juga sih emang~ (technologyreview.com)

6. Sekitar 1 triliun sensor terhubung ke internet

Seperti halnya pasar ruang penyimpanan tadi, ongkos sensor juga diprediksi akan terus merosot. Sementara kemampuan komputasi akan terus tumbuh dan berkembang.

Maka dari itu, semua perangkat secara tak langsung akan terhubung dnegan internet. Semua lini kehidupan kita, aktivitas apa pun, akan hadir dalam kemampuan online-nya.

Sebuah laporan juga menyebutkan bahwa pada 2022 nanti, sekitar 1 triliun sensor akan terhubung dengan internet. Rata-rata produk fisik nantinya akan terkoneksi dengan infrastruktur komunikasi. Sensor-sensor itu akan membantu manusia untuk meningkatkan kemampuan perangkat.

Semua akan terhubung dengan cepat dan lebih cepat lagi (thumbtack.com)

7. Ponsel implan(?)

Saat ini, teknologi perangkat implan tengah dikemabangkan. Teknologi itu diprediksi akan hadir pada 2023 nanti.

Dua tahun setelahnya, ponsel yang diimplan ke dalam tubh manusia akan tersedia untuk publik. Dengan begitu, fungsi perangkat dapat dipastikan lebih akurat.

Fungsi komunikasi disebut-sebut akan melampaui teknologi yang ada saat ini. Hubungan tak lagi menggunakan kata-kata, tetapi bisa dilakukan melalui gelombang atau sinyal otak. Kece bangets, kayak telepati gitu ya.

Yaudah, sekarang kita belajar aja dulu yang bener gengs. Yang pasti, cepat atau lambat kita harus siap dengan segala kemajuan itu. Soalnya, 'masa depan' (mungkin) udah dimulai dari sekarang.

Waduh, kecil bat inih~ (gizmodo.com)