4 Kota Gaib di Indonesia Selain Saranjana, Awas Nyasar ke Sana

Selain Saranjana ada beberapa kota gaib di Indonesia.

Saranjana  merupakan sebuah daerah tak kasat mata yang disebut sebagai kota gaib di Indonesia. Letak Saranjana berada di Kalimantan Selatan dekat Banjar. Sebenarnya selain Saranjana ada beberapa kota gaib di Indonesia yang ceritanya tak kalah menyeramkan. Daerah mana saja itu?

Alas Bonggan

Alas Bonggan berada di Blora, Jawa Tengah. Alas Bonggan dipercaya menjadi hutan angker di Pulau Jawa. Beberapa orang diduga pernah nyasar ke Alas Bonggan. Misalnya penyedia hiburan video yang mengaku disewa oleh warga di Alas Bonggan, padahal tidak ada satu pun warga yang tinggal di dalam Alas Bonggan. 

Juga ada cerita kelompok seniman yang menghibur warga di dalam hutan, hingga cerita polisi yang masuk ke dalam hutan dan tersesat sampai kuburan. Menurut cerita warga sekitar di dalam hutan lebat itu dihuni banyak makhluk gaib yang menjadikan hutan itu seperti kota gaib atau perkampungan gaib. Makhluk gaib itu tak segan mencelakai kendaraan yang lewat ‘rumah’ mereka.

Wentira

Jika Saranjana  diceritakan sebagai kota gaib yang megah karena banyak gedung-gedung bertingkat, ada juga daerah bernama Wentira. Wentira bukan berada di Kalimantan melainkan Sulawesi, tepatnya di Sulawesi Tengah dekat Palu. Kehidupan di dalam kota gaib ini sangat megah banyak gedung bertingkat berlapis emas.

Kabarnya ada salah satu wanita yang tinggal di dekat Wentira pernah menghilang mendadak ke dalam Wentira karena menikah dengan seorang pria yang diduga berasal dari kota gaib itu.Memang penghuni Wentira memiliki perawakan mirip manusia namun mereka tak memiliki garis tengah pada bibir.

Padang 12

Kota gaib ini tidak ada hubungannya dengan daerah di Padang, Sumatera Barat. Letak Padang 12 di Ketapang, Kalimantan Barat. Padang 12 ada hubungannya dengan wilayah kerajaan gaib yang luasnya hanya 12 meter persegi saja. Jika dilihat Padang 12 hanya daerah kering, tandus, dengan rumput liar. 

Sosok gaib yang menghuni Padang 12 adalah orang-orang Suku Limun Tengah. Mereka hidup mewah dengan kekayaan yang dipunya. Kadang orang-orang itu berinteraksi dengan manusia sekitar dengan memakai kunyit sebagai alat tukar. Nanti kunyit itu akan berubah menjadi emas.

Kota Gaib di Indonesia Selain Saranjana (Tribun Travel)

Bukit Jaddih

Bukoit Jaddih ada di Bangkalan, Madura, Jawa Timur. Bukit ini adalah gunung kapur yang digunakan untuk kesejahteraan warga sekitar dan jadi tempat wisata. Kabarnya di tempat ini menyimpan mitos mirip Saranjana  karena ada sebuah kota gaib yang dihuni makhluk astral. ‘Ada istana megah dan memang jadi pusat kerajaan, peradaban besar pernah ada,” kata Hari Kurniawan alias Om Hao dari YouTube Kisah Tanah Jawa.

Kota Gaib di Indonesia Selain Saranjana (Okezone)