Resep Medovik Cake, Kue Madu 8 Lapis Khas Rusia Dengan Rasa Autentik Bisa Jadi Ide Kue Ultah

Resep medovik cake, kue madu 8 lapis dengan rasa autentik Rusia.

Selain Indonesia, beberapa negara lainnya ternyata juga memiliki kue lapis  yang populer. Salah satunya adalah medovik cake atau yang juga disebut sebagai kue lapisnya orang Rusia. Kue yang juga dikenal honey cake ini terbuat dari kue madu yang diisi krim lembut dan manis.

Di mana, lapisan-lapisan tipis dari adonan madu yang lembut diberi isian krim di antara setiap lapisannya. Rasa kuenya manis dengan diberi sentuhan madu yang khas, membuat medovik cake menjadi kue istimewa yang mampu untuk menggugah selera.

Kue ini memiliki variasi rasa yang populer, seperti cokelat, buah dan kacang dengan diberi tambahan keju, karamel sampai buah di atasnya. Menariknya, kue yang disajikan dalam keadaan dingin ini juga bisa menjadi ide kue ulang tahun loh! Penasaran cara buatnya? Scroll yuk!

Bahan-bahan:

- 3 butir Telur

- 375 gram Tepung Terigu

- 150 gram Madu

- 115 gram Mentega Tawar

- 50 gram Gula Pasir

- 25 gram Tepung Terigu, untuk menguleni

- 1 sdt Baking Powder

- 1/4 sdt Garam

Bahan-bahan Krim:

- 800 gram Sour Cream

- 200 gram Whipped Cream bubuk instan

Cara Membuat Medovik Cake:

1. Siapkan panci lalu panaskan madu, gula, garam dan mentega menggunakan api sedang. Masak sambil terus diaduk selama 5 menit saja atau sampai bahan berubah warna menjadi sedikit kecokelatan.

2. Angkat dari kompor lalu tambahkan baking powder. Aduk kembali hingga tercampur merata atau adonan berubah warna menjadi lebih muda. Kemudian biarkan adonan menjadi hangat terlebih dahulu.

3. Setelahnya, tambahkan kocokan telur, sedikit demi sedikit sambil diaduk. Tambahkan pula tepung terigu dan aduk kembali. Uleni adonan dengan sisa tepung terigu sampai teksturnya tidak lengket di tangan.

Foto: Ilustrasi Medovik Cake (IDN Times)

4. JIka sudah, bagi adonan menjadi 8 bagian. Giling masing-masing bagian setipis mungkin. Kemudian, cetak dalam bentuk lingkaran dengan diameter 21 cm dan tusuk dengan garpu di atas permukaannya.

5. Panggang di dalam oven dengan suhu 150 derajat celcius selama 5 menit. Kamu juga bisa memanggang sisa adonan kue. Setelahnya, kamu bisa menghancurkannya untuk menjadi taburan di atas krim.

6. Lalu, campurkan sour cream dengan madu. Aduk sampai merata. Di wadah terpisah, kocok whipped cream hingga mengembang lalu campurkan dengan campuran sour cream dan madu yang sebelumnya.

7. Kemudian, ambil satu lembar kue, lapisi dengan krim di bagian atasnya lalu tutup dengan lembaran kue yang lain. Ulangi proses tersebut sampai seluruh lapisan kue yang kamu buat sebelumnya habis. 

8. Jika sudah, lapisi seluruh kue dengan sisa krim dan taburi remahan kue di atasnya. Bungkus kue dengan plastic wrap lalu simpan medovik cake di lemari pendingin selama semalam sebelum dimakan.

Medovik Cake Khas Rusia (The Cooking Foodie)