Ternyata Makan Telur Mentah Berbahaya untuk Tubuhmu!

Ternyata Makan Telur Mentah Berbahaya untuk Tubuhmu!

Telur ayam mentah bagi sebagian orang memang nikmat banget ya? Gurih dan creamy! Apalagi jika dicampur mie atau nasi anget ala-ala Jepang. Tapi tahukah kamu kalau ternyata makan telur mentah gak bagus untuk tubuhmu? 

Yes! Lambung dan duodenum ternyata sulit menyerap protein dari telur mentah. Karena tidak terserap dengan baik di lambung dan duodenum, ketika masuk ke usus, telur ayam mentah akan terurai di usus besar sehingga menghasilkan banyak racun yang berbahaya bagi tubuh. 

Selain itu, putih telur mentah mengandung zat anti biotin (vitamin H) yang menghambat penyerapan vitamin H. Vitamin H merupakan vitamin yang larut dalam air, banyak terdapat pada hati hewan, kuning telur, ragi dan sayuran hijau. 

Ini adalah elemen nutrisi yang sangat diperlukan dalam proses penggunaan protein, senyawa hidrokarbon, protein. diperlukan untuk perkembangan normal tubuh. Oleh karena itu, mengonsumsi telur mentah atau setengah matang berisiko mengganggu kesehatan.

Selain itu, telur mentah dan belum diolah bisa mengandung bakteri salmonella berbahaya. Bakteri ini tidak hanya ditemukan pada kulit telur, tetapi juga di dalam telur. Mengonsumsi telur yang terkontaminasi bakteri ini bisa menyebabkan keracunan makanan.

Orang yang rentan terhadap infeksi salmonella ini adalah bayi dan anak kecil. Itu karena sistem kekebalan tubuh mereka yang belum matang. Pada ibu hamil, salmonella dapat menimbulkan sejumlah gejala yang dapat menyebabkan kelahiran prematur.

Selain itu, orang yang berusia di atas 65 tahun sering kali rentan terhadap masalah akibat penyakit bawaan makanan. Oleh karena itu, orang lanjut usia yang mengonsumsi telur mentah mungkin memiliki peningkatan risiko keracunan makanan.

Khususnya, orang dengan gangguan sistem imun, penderita diabetes, HIV, dan melanoma juga sebaiknya tidak mengonsumsi telur mentah.

Nah, mulai sekarang masak telurmu sampai matang. Tapi jangan sampai keras banget ya! Nanti nutrisinya hilang.

Tamago kake gohan (norecipes.com)