Serupa Tapi Gak Sama, Bedanya Kuntilanak dan Sundel Bolong

Kuntilanak dan Sundel Bolong adalah dua sosok gaib yang memiliki perbedaan meski dianggap mirip.

Kuntilanak  dan Sundel Bolong adalah dua sosok gaib hantu wanita yang cukup terkenal di Indonesia. Memang Kuntilanak masih lebih terkenal dibandingkan Sundel Bolong. Karena sama-sama berwujud wanita menyeramkan, kadang keduanya dianggap sama. Padahal Kuntilanak dan Sundel Bolong sosok yang berbeda. Apa saja bedanya Kuntilanak dan Sundel Bolong?

Bentuk Berbeda

Kuntilanak dan Sundel Bolong memiliki bentuk yang berbeda. Memang Kuntilanak dan Sundel Bolong wujudnya memakai pakaian putih dan berambut panjang. Tapi Sundel Bolong dianggap punya bentuk yang lebih menyeramkan dibanding Kuntilanak karena pada bagian belakang atau punggung bolong dan berlumuran darah dan belatung.

Sosok Sundel Bolong pernah diangkat dalam cerita horor Malam Jumat Kliwon yang diperankan Suzanna. Dalam film itu terlihat jelas bentuk lubang di punggung Sundel Bolong yang sangat menyeramkan.

Asal-usul

Kuntilanak  dan Sundel Bolong memiliki mitos asal-usul yang berbeda. Kuntilanak dulunya adalah wanita yang meninggal dunia karena bunuh diri atau dibunuh lalu ia menjadi hantu penasaran dan menuntut balas. Ada juga wanita yang konon meninggal saat sedang hamil nantinya bisa berubah jadi kuntilanak.

Lalu bagaimana dengan Sundel Bolong? Hampir sama dengan Kuntilanak, Sundel Bolong adalah hantu yang saat meninggal dalam keadaan hamil. Mitosnya kemudian di dalam kubur melahirkan namun lewat punggung sehingga punggungnya mengalami lubang.

Jenis 

Kuntilanak memiliki beberapa jenis berdasarkan warna. Selain Kuntilanak Putih juga ada Kuntilanak Merah, Kuntilanak Kuning, hingga Kuntilanak Hitam. Sementara Sundel Bolong selama ini dikenal hanya berwujud putih tidak warna-warni seperti Kuntilanak.

Daerah

Kuntilanak dan Sundel Bolong (iNews)

Kuntilanak dan Sundel Bolong dipercaya berasal dari daerah yang berbeda. Kuntilanak dikaitkan dengan Kota Pontianak di Kalimantan Barat sementara Sundel Bolong berasal dari Pulau Jawa. Salah satu tempat di Jawa yang banyak dihuni Sundel Bolong adalah Alas Roban di Jawa Tengah.

Makanan

Layaknya manusia, makhluk halus seperti Kuntilanak  dan Sundel Bolong memiliki makanan kesukaan. Kuntilanak suka menyantap ceker ayam. Bahkan cara gampang memanggil kuntilanak dengan menyebarkan ceker ayam.

Sementara menurut kepercayaan ari-ari bayi yang baru lahir harus dikubur dengan baik. Jika sembarangan tidak hanya hewan yang bisa memakan ari-arti itu karena Sundel Bolong juga konon menyukai ari-ari bayi yang masih tercium aroma darah segar.

Kuntilanak dan Sundel Bolong (Berita Center)