Hidup dari Musik, Inilah Deretan Musisi Rock Super Tajir Dunia

Mereka "hidup" dari musik. Dan siapa sangka kalo ternyata mereka menjadi deretan musisi rock super tajir di dunia.

Semenjak menjadi industri yang menjanjikan, musik berhasil mencetak banyak musisi tenar. Ibaratnya, semua orang di dunia ini pasti tau siapa Mick Jagger, Paul McCartney, Bono, dan masih banyak lagi.

Mereka adalah tokoh-tokoh sejak lama hidup dari musik. Musik-musik yang mereka buat juga abadi. Mereka pun masuk dalam jajaran legenda musik dunia. Dan karena musik, rekening mereka jadi gendut deh, alias duitnya banyak banget! 

Meski mereka udah pensiun, dan beberapa dari mereka udah meninggal, mereka kayaknya bakal kesulitan deh mau ngabisin duitnya. Nah, dikutip dari Brainberries, inilah deretan musisi rock super tajir dunia.

10. Johnny Cash

Johnny Cash adalah nama yang gak asing lagi dalam dunia musik. Dia adalah penulis lagu, gitaris, dan lebih dikenal dengan aliran  musik country serta blues pada era 1950-1980-an.

Cash pernah tergabung dengan tri The Tennessee Three. Ia juga telah berkarier dalam musik selama setengah abad dan telah menjual lebih dari 80 juta keping album! Gokil!

Om Johnny Cash udah meninggal 2003 lalu. Tapi untuk kekayaan, Johnny Cash berhasil mengantogi sekitar 300 juta dollar AS atau setara dengan Rp4,2 triliun gengs!

Johnny Cash (pitchfork.com)

9. Dave Matthews

Dave Matthews adalah seorang vokalis band rock dan juga pencipta lagu kenamaan Amerika Serikat (AS). Sebelum dia terkenal di dunia musik, dia adalah seorang aktor dan telah membintangi sejumlah judul film.

Soal kekayaan, Dave Matthews berhasil menggendutkan pundi-pundi uangnya sebesar 300 juta dollar AS pula, Rp4,2 triliun itu tadi gengs!

Dave Matthews (consequenceofsound.net)

8. Keith Richards

Sosoknya dikenal sebagai gitaris band besar The Rolling Stones. Dia adalah gitaris sekaligus pencipta lagu untuk bandnya itu.

Keith Richards masih aktif bermusik sampe sekarang, padahal usianya udah 75 tahun lho. Sementara kekayaannya gak main-main loh gengs, cuma sekitar 340 juta dollar aja kok, ya sekitar Rp4,8 triliun aja lah!

Keith Richards (grundymusic.com)

7. Ringo Starr

Tanya ayah-ibu kalian, siapa sih Ringo Starr. Sebab, dia sempat jadi drummer paling berpengaruh di Inggris bersama bandnya yang terkenal pula, The Beatles.

Pada 2011 lalu, Ringo Starr mendapat peringkat kelima dalam poling Rolling Stones sebagai 100 drummer terbaik dunia. Itu karena dia juga kreatif memainkan perkusi.

Dari musik, dia meraih uang besar. Cuma sekitar 350 juta dollar AS aja kok, sekitar Rp4,9 triliun aja tuh. Tapi mantep lah ya si om Ringo ini.

Ringo Starr (independent.co.uk)

6. Mick Jagger

Kalian mungkin gak asing lagi dengan kakek maha asik yang satu ini. Dia adalah Mick Jagger yang terkenal sebagai vokalis band besar The Rolling Stones.

Bersama bandnya, dia hidup dari musik. Selain musik, om Jagger juga pernah menggeluti dunia akting sebagai aktor, produser, juga jadi pengusaha tuh.

Jadi plis jangan heran kalo om Jagger punya kekayaan mencapai 350 juta dollar AS. Itu setara dengan Rp5,1 triliun tapi gengs.

Mick Jagger (nme.com)

5. Sir Elton John

Elton John adalah musisi besar yang terkenal dengan hits "Candle in the Wind" tahun 1970-an silam. Katanya, lagu itu sih dibuat untuk Marilyn Monroe semasa hidupnya. 

Etapi malah jadi dipersembahkan untuk Putri Diana yang tewas pada Agustus 1997 silam.

Kiprahnya dalam dunia musik masih berlanjut sampe usianya 71 tahun sekarang. Dia menjadi salah satu musisi terbaik dunia yang berhasil mengantongi harta hingga 480 juta dollar AS, atau sekitar 6,8 triliun gengs!

Elton John (kissfm.es)

4. Jimmy Buffett

Jimm Buffett memang seorang musisi. Dia dikenal penulis lagu, penyanyi, juga pernah menjadi aktor. Tapi di balik itu, dia adalah seorang pengusaha yang sukses loh gengs.

Di AS, dia punya beberapa restoran mewah, label rekaman, produsen bir, pemilik kasino, video game dan real estate. Nah, pendapatannya dari usaha yang dijalankannya sangat fantastis.

Om Jimmy Buffett bisa menimbun uang hingga 550 juta dollar AS atau sekitar Rp7,7 triliun gengs!

Jimmy Buffett (hollywoodreporter.com)

3. Bono

Om Bono, vokalis band U2, menempati tiga teratas dalam daftar ini. Sebagai salah satu vokalis paling berpengaruh di dunia, om Bono sangatlah kaya raya.

Dia adalah seorang filantropi. Amalnya banyak, karena di balik itu, pundi-pundi uangnya mencapai 600 juta dollar AS, atau setara Rp8,5 triiun gengs! Huh, tajir melintir!

Bono (tropixs.com)

2. John Lennon

John Lennon adalah salah satu pesohor di dunia musik gengs. Kayaknya hampir semua orang tau siapa dia. Dia tentu adalah seorang vokalis dari bandnya, The Beatles.

John Lennon udah lama meninggal. Tepatnya tahun 1980 waktu usianya 40 tahun. Dia ditembak oleh fansnya sendiri di sebuah kerumunan di New York, AS.

Selama hidupnya, John Lennon berhasil mengumpulkan pundi-pundi hingga 800 juta dollar AS. Itu sama dengan Rp11,3 triliun loh. Bukan main emang John Lennon!

John Lennon (billbiard.com)

1. Paul McCartney

Dibanding dengan John Lennon, sang vokalis, gitaris The Beatles Paul McCartney lebih tajir gengs! McCartney tercatat sebagai salah satu musisi dengan pendapatan paling tinggi di Inggris. Dia emang legenda hidup sih.

Paman McCartney, dari sejak awal debutnya sampe sekarang, telah mengantongi duit hingga 1,2 miliar dollar AS. Itu berarti dia punya duit sekitar Rp17 triliun gengs. Bukan main emang!

Jadi itu deh gengs deretan musisi rock legendaris super tajir sejauh ini. Buat kalian yang ingin berkarier di jalur musik, kalian akan terus diingatkan oleh mereka ini untuk "terus berkarya". Udah gitu aja ....

Paul McCartney (consequenceofsound.net)