6 Cara Memilih Durian Agar Tak Kena Zonk, Ternyata Bisa Dilihat Dari Bentuk Duri Dan Tangkai

6 Cara memilih durian yang manis dan tidak kena zonk, salah satunya dari bentuk duri.

Durian  merupakan buah primadona dari negara tropis yang jadi kecintaan banyak orang. Buah yang dijuluki ‘The King of Fruit’ atau ‘raja buah’ ini terkenal dengan aromanya yang tajam namun memiliki cita rasa yang manis kalau sudah matang.

Sebaliknya, jika duria belum sepenuhnya masak biasanya punya tekstur lembek dengan rasa yang tawar dan berdaging sedikit. Maka dari itu, kamu harus memahami ciri-ciri durian yang matang supaya tidak salah membeli.

Belakangan ini sudah memasuki musim durian, jadi tidak heran kalau banyak bermunculan lapak-lapak durian di pinggir jalan. Buat kamu yang ingin membeli hati-hati kena zonk, terlebih banyak orang yang kena tipu penjual durian pinggir jalan. 

Agar tidak mengalami kerugian, kamu bisa mengikuti beberapa tips memilih durian yang dirangkum di bawah ini, mulai dari memperhatikan bentuk durian sampai mencium aroma durian tersebut. Berikut penjelasannya!

1. Pilih Durian Yang Ringan

Umumnya pembeli memilih durian yang lebih berat karena mengira daging buahnya akan jauh lebih banyak. Padahal faktanya, buah durian yang lebih baik adalah yang beratnya lebih ringan. Karena, durian yang berat bisa jadi lebih berat bijinya, dibandingkan daging buahnya.

Jadi semakin berat buah durian tersebut, maka semakin besar bijinya dan semakin tipis daging buahnya. Sementara itu, menurut pakar durian, Charles Phua, buah durian yang ideal adalah yang memiliki berat antara 1,5 kilogram - 2 kilogram.

2. Perhatikan Bentuk Durian

Banyak orang yang lebih memilih durian yang berbentuk oval atau bulat karena menilai bentuknya lebih sempurna. Padahal, durian yang berbentuk aneh justru memiliki kualitas daging buah yang lebih baik karena durian yang bentuknya aneh bisa jadi punya lebih sedikit ruang.

Selain itu, bijinya juga akan tertutup daging. Namun aromanya bisa lebih kuat dan dagingnya lebih lembut. Selain itu, durian yang berbentuk bulat dikatakan memiliki daging buah lebih banyak dibandingkan durian berbentuk lonjong.

3. Aroma Durian

Ilustrasi Memilih Durian Yang Ringan (Bola.com)

Untuk menemukan durian yang baik, kamu bisa mencium aroma durian dekat dengan batang. Hal ini karena kulit bagian atas durian jauh lebih tipis. Jika aromanya segar seperti dedaunan, itu tandanya buah durian itu punya rasa yang manis.

Tapi kalau ada bau yang sedikit menyengat, bisa jadi ada rasa pahit pada buahnya. Sedangkan durian yang tidak mengeluarkan bau, maka dipastikan durian itu belum matang. Namun, jika aromanya terlalu menyengat, maka duriannya bisa jadi juga terlalu matang.

4. Lihat Duri Dan Belahannya

Duri di kulit durian juga bisa menentukan rasa dari daging buahnya. Durian dengan duri yang besar, pendek dan jaraknya jarang-jarang biasanya punya isi daging yang lebih bagus. Tak hanya itu, pilih duiran yang terdapat 5 belahan daripada yang 6 belahan sebab biasanya punya isian lebih banyak.

5. Lihat Batang Buah Durian

Ilustrasi Durian (Grid.ID)

Durian yang bagus juga bisa melihat batang buahnya. Durian baik memiliki batang yang masih segar dan tidak ada bekas petik. Kesegaran batang juga bisa dicek dengan mengupas batangnya menggunakan ujung jari. 

Kalau warnanya cerah, maka durian itu dipastikan masih segar. Berbeda dengan batangnya yang tidak terlalu kering, biasanya buah durian itu sudah dipanen sejak lama. Batang yang pendek dan tebal juga bisa menandakan isi yang lebih tebal dan banyak. 

6. Ketok atau Goyangkan Durian

Cara terakhir yang bisa dilakukan agar buah durian sudah matang atau belum, kamu bisa memeriksanya dengan cara mengetok-ketok atau menggoyangkan duriannya. Kalau menghasilkan suara kencang saat diketuk seperti memukul drum tandanya, buah durian sudah matang.

Sebab, ada celah udara dalam buah. Jadi, buah durian yang matang bijinya akan mengendur. Sementara jika ada bunyi saat digoyangkan maka menandakan buah sudah matang dan kering.

Perhatikan Bagian Batang Durian (Halodoc)