Resep Simple Membuat Roti Tortilla Sendiri di Rumah

Resep Simple Membuat Roti Tortilla Sendiri di Rumah

Tortilla buatan sendiri yang lembut dan berwarna kecokelatan ternyata bisa dengan mudah kamu bikin di rumah, dengan bahan yang sederhana! Setelah kamu tahu betapa sederhananya resep ini, kamu mungkin tidak akan pernah lagi membeli tako buatan toko. Percaya deh! Kalau kamu tertarik mencoba bikin sendiri, yuk simak resep tortilla ala rumahan berikut ini!

Bahan-bahan yang harus disiapkan:

1. Tepung: Tepung serbaguna adalah dasar dari resep ini. Kandungan protein kelas menengah pada tepung jenis ini memberimu tekstur fleksibel dan lembut seperti yang biasa kamu rasakan pada tortilla.

2. Air: Air menyatukan tepung untuk membentuk adonan. Gunakan sedikit air lagi jika adonan masih terasa kenyal, tambahkan satu sendok makan saja hingga adonan menyatu menjadi gundukan padat.

3. Minyak: Minyak zaitun mengandung lemak yang membuat adonan tortilla menjadi lentur. Hal ini membuatnya lebih mudah untuk digulung menjadi bulatan tipis yang menjaga bentuknya.

Cara Membuat:

Langkah 1: Campurkan bahan-bahan tadi ke dalam mangkok besar. Jangan lupa untuk tambahkan garam untuk memberikan rasa gurih.

Langkah 2: Balikkan adonan yang sudah dibentuk longgar ke permukaan yang sudah ditaburi tepung. Uleni hingga adonan halus terbentuk, 10 hingga 12 kali, tambahkan sedikit tepung atau air jika perlu. Diamkan adonan selama 10 menit.

Langkah 3: Setelah adonan sempat diistirahatkan, bagi menjadi beberapa bagian secara merata.

Langkah 4: Pada permukaan yang diberi sedikit tepung, gulung setiap bagian menjadi lingkaran berukuran 14 centimeter.

Adonan harus cukup tipis, tetapi jangan terlalu tipis sehingga lubang-lubang mulai muncul karena meregang terlalu jauh.

Langkah 5: Dalam teflon/cast iron/ stainless steel pan yang sudah diolesi minyak dan panas, masak tortilla dengan api sedang sampai berwarna kecoklatan, sekitar satu menit di setiap sisinya. Sajikan hangat.

Itu tadi resep membuat tortilla yang ternyata gampang banget. Cobain deh ges, lebih sehat karena enggak pake pengawet!

Roti tortilla (wikipedia.com)