Jadi Perdebatan! Tomat Itu Buah Atau Sayur? Begini Penjelasan Ilmiahnya Menurut Ahli

Penjelasan tomat termasuk buah atau sayur menurut ahli botani dan sudut pandang kuliner.

Sampai sekarang ini, masih banyak orang termasuk para ahli yang bingung dan memperdebatkan untuk memasukkan tomat  ke dalam golongan buah atau sayur. Sebagian orang bilang tomat merupakan buah, tapi ada juga yang mengatakan kalau tomat adalah sayuran.

Tomat sendiri salah satu bahan makanan yang punya kandungan vitamin dan gizi yang baik untuk tubuh. Di Indonesia, tomat kerap dijadikan hiasan atau lalapan untuk hidangan makanan sampai bahan dalam membuat sambal. Lantas, mana yang benar, tomat itu buah atau sayur?

Perbedaan Sayur Dan Buah

Dilansir dari Healthline, perbedaan buah dan sayur terbagi menjadi dua cara yakni melihatnya dari segi botani dan klasifikasi kuliner. Berdasarkan klasifikasi botani, perbedaan keduanya terletak pada struktur dan fungsi tanaman. Di mana, buah terbentuk dari bunga.

Buah juga memiliki biji dan membantu proses reproduksi tanaman. Sementara sayur terdiri dari akar, batang, daun dan bagian tambahan lain dari tanaman. Sedangkan menurut klasifikasi kuliner, beda buah dan sayur dilihat dari rasa dan teksturnya. 

Umumnya, buah memiliki tekstur yang lembut dengan rasa yang cenderung manis atau agak asam. Tapi di sisi lain, sayur tergolong mempunyai tekstur yang lebih keras dengan rasa yang hambar dan cenderung pahit.

Tomat Menurut Botani

Ilustrasi Tomat (Halodoc)

Dikutip dari Britanica, berdasarkan sudut pandang botani, tomat masuk dalam kategori buah. Hal ini lantaran tomat memiliki semua ciri buah pada umumnya, yakni terdapat biji dan tumbuh dari bunga tanaman. Biji dalam tomat juga bisa dipanen dan dipakai untuk produksi lebih banyak tomat.

Akan tetapi, berbeda di dunia kuliner yang cenderung menganggap tomat sebagai sayuran. Dilansir dari Britanica, sayuran biasanya disajikan sebagai bagian dari hidangan utama. Sementara buah dengan rasa manis atau asam, merupakan makanan ringan atau makanan penutup. 

Jadi karena dimasak, tomat akan diolah bersama sayuran atau bahan makanan lain seperyi salad sayur, sup dan sandwich. Tomat juga jarang mendapatkan tempat utama sebagai hidangan tersendiri seperti cake maupun es krim.

Jadi, apakah tomat itu buah atau sayur? Jawabannya adalah keduanya, tergantung dari sudut pandang yang melihatnya. Kalau berbicara dengan petani maka tomat merupakan buah, sementara saat berbicara dengan koki maka tomat adalah sayuran.

Tomat Tergolong Buah Atau Sayur (Tempo.co)