Timnas Indonesia Ditahan Imbang 2-2 Bahrain STY Kecewa dengan Wasit

Timnas Indonesia Ditahan Imbang 2-2 Bahrain STY Kecewa dengan Wasit

Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong kesal, dengan kepemimpinan wasit di laga Bahrain vs Indonesia. Dalam laga lanjutan Kualifikasi Piala Dunia 2026 tersebut Garuda banyak dirugikan keputusan wasit yang berpihak kepada tuan rumah.

Shin Tae-yong, bahkan menilai kepemimpinan sang pengadil lapangan bias dan memalukan. Pada pertandingan Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia di Bahrain International Stadium, Kamis (10/10/2024) malam WIB, Indonesia sempat tertinggal lebih dulu karena gol Mohammed Marhoon di menit ke-15.

Namun, Ragnar Oratmangoen, berhasil menyamakan skor di menit ketiga injury time babak pertama. Timnas Indonesia bahkan berbalik unggul melalui Rafael Struick, pada menit ke-74, dan bertahan hingga injury time.

Kemenangan yang sudah di depan mata malah sirna setelah Marhoon mencetak gol keduanya pada menit ke-98sekaligus membuat skor akhir 2-2! Gol tersebut kemudian diprotes keras oleh kubu Indonesia mengingat injury time cuma sampai enam menit, tapi gol tersebut dicetak pada menit 99.

Sementara wasit Ahmed Al Kaf, tak kunjung meniup peluit panjang tanda berakhirnya laga sekalipun Indonesia dalam posisi menyerang di menit ke-97. Pertandingan sendiri berakhir di menit ke-99 atau tiga menit lebih lama dari waktu injury time awal. Keputusan Al Kaf ini menuai protes keras kubu Indonesia di akhir laga yang berujung kartu merah untuk manajer tim Sumardji.

"Soal keputusan wasit. Jika AFC ingin lebih baik, maka wasit juga harus bisa memutuskan dengan baik," ujar Shin dalam jumpa pers yang disiarkan PSSI TV.

"Jika Anda semua menonton pertandingan ini, maka Anda akan paham mengapa semua pemain kami marah. Anda tahu tambahan waktu enam menit, tapi malah berjalan lebih dari sembilan menit. Anda tahu keputusan wasit semuanya bias, semua pemain Bahrain meminta free kick ketika kami melakukan pelanggaran."

"Anda pasti tahu kenapa para pemain kami marah besar," papar Shin.

Indonesia yang baru meraih tiga hasil imbang tertahan di posisi kelima Klasemen Grup C dengan tiga poin. Laga selanjutnya menghadapi China, Selasa (15/10/2024) malam WIB.

Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae Yong (via CNN Indonesia)