5 Kebiasaan Ini Ternyata Bisa Bikin Kamu Awet Muda

5 Kebiasaan Ini Ternyata Bisa Bikin Kamu Awet Muda

Hampir setiap orang pasti bermimpi ingin awet muda. Dan ternyata, untuk bisa memiliki wajah awet muda itu gak perlu biaya mahal-mahal lho. Ada banyak penerapan gaya hidup yang ternyata bisa membantu kita bisa terlihat awet muda. Apa saja? Yuk simak penjelasannya berikut ini.

1. Jaga pola makan

Menurut pakar  biohack asal London, Tim Gray, mengungkapkan pola makan dan hidrasi sangat berperan penting untuk mempertahankan keremajaan fisik.

Ia menekankan untuk kita bisa mengkonsumsi makanan real food seperti sayuran dan buah. Jangan lupa juga untuk banyak mengkonsumsi air putih atau baiknya lagi adalah air reverse osmosis.

2. Tidur yang cukup

Tidur merupakan kebutuhan penting bagi manusia. Selain untuk menambah energi, tubuh juga bisa membantu memperbaiki sel tubuh yang rusak. 

3. Berjemur

Menurut Gray, tubuh manusia itu perlu diiringi dengan paparan sinar matahari ketika bangun tidur. Sebab cahaya bisa mengendalikan irama sirkadian. Itu sebabnya, mengekspos diri terhadap cahaya alami bisa mendukung respons kortisol serta energi.

4. Kurangi stres

Gray mengungkapkan bila manusia tak dirancang untuk hidup dengan banyak tekanan. Maka itu, sempatkan diri untuk mengontrol stres dengan menghabiskan waktu bersama alam, atau berinteraksi dengan teman dan keluarga.

5. Bersenang-senang

Terakhir yang gak kalah penting adalah bersenang-senang. Carilah momen bahagia sebanyak mungkin. Jangan sampai kamu menyia-nyiakan waktumu untuk fokus ke umur panjang, namun tidak mempedulikan kebahagiaan.

Ilustrasi berjemut (via freepik)